"Loading..."

Perhutani, LMDH dan LSM Lakukan Penanaman Bersama di Kediri

KEDIRI, PERHUTANI (24/12/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Plosoklaten, Pemerintahan Desa Sumberagung, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pare dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gada Paksi, melakukan penanaman bersama yang dilaksanakan di petak 66h blok I Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jatirejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pare, tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri pada Selasa (24/12).

Kegiatan penanaman bersama ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh LMDH dan Perhutani, namun untuk kegiatan penanaman kali ini dihadiri juga oleh LSM Gada Paksi. Pihak LSM Gada Paksi ingin melaksanakan kegiatan nyata dengan ikut penanaman bersama-sama dengan LMDH. Sebanyak 5.700 places ditanam dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 4.500 bibit sengon dan 1.200 bibit jabon.

Turut hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Kediri, Mustopo didampingi Asisten Perhutani (Asper) BKPH Pare, Giman serta segenap Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) dan mandor se-wilayah BKPH Pare. Tampak hadir dalam acara Bhabinkamtibmas Sumberagung, Eka Kusuma, Babinsa Sumberagung, Yulianto serta Pemerintahan Desa setempat dengan total sekitar 350 perserta yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Administratur KPH Kediri, Mustopo dalam sambutannya mengatakan “Mari kita jaga hutan kita untuk kelestarian serta kesejahteraan masyarakat umumnya dan utamanya untuk kesejahteraan masyarakat sekitar hutan serta jangan lupa selalu jaga kekompakan, solidaritas serta toleransi antar lembaga masyarakat yang ada di desa ini,” kata Mustopo.

Ditempat yang sama ketua LSM Gada Paksi, Soni Kurniawan Mengatakan jika pihaknya ingin bersinergi dengan masyarakat desa hutan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan Lereng Kelud, “Makanya kami ikut bergabung bersama LMDH dalam kegiatan penanaman kali ini,” ujarnya.

Sementara Sekertaris Desa Plosoklaten, Puji Saksono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani Kediri atas kerjasamanya dengan LMDH selama ini, “Karena dengan adanya kerjasama tersebut, warga desa sekitar hutan sangat terbantu dari segi perekonomiannya,” tutupnya. (Kom-PHT/Kdr/Spt)

Editor : Ywn

Copyright©2019