Koransindo.com | SEMARANG – Perum Perhutani merambah penjualan kayu berbasis online melalui tokoperhutani. com untuk memberikan kemudahan dan juga peningkatan pangsa pasar pembelian kayu.
Toko onlinehasil kerja sama Perum Perhutani bersama Telkom ini diluncurkan di Gedung Rimba Graha Jalan Pahlawan, Semarang, selasa (8/3/16). Direktur Komersial Kayu Perum Perhutani Agus Setya Prastawa mengatakan, seiring meningkatnya penggunaan e-commerce berbasis website di Indonesia, Perhutani memulai babak baru dalam sistem penjualan kayu, yakni dengan sistem online.
“Melalui pembelian online sangat menguntungkan karena akan efisien bagi pembeli, makin mudah dan cepat. Juga memberikan kesempatan yang sama kepada setiap masyarkat. Pembelian online juga lebih transparan,” katanya kemarin. Melalui website, masyarakat dapat membeli kayu secara onlinedari mana saja dengan langsung memilih kapling yang tercantum dalam website.
Setelah memilih kapling kayu, pembeli akan mendapatkan kode booking, dan kemudian dapat melakukan pembayaran. “Dengan menggunakan bukti pembayaran yang ada, pembeli bisa langsung melakukan pengambilan kayu di TPK (Tempat Penimbunan Kayu),” ujarnya. Perhutani menargetkan pendapatan melalui e-commerce kayu pada 2016 sebesar Rp1,6 triliun, baik melalui penjualan langsung online atau kontak online.
“Kami berharap penjualan kayu melalui online bisa menambah pangsa pasar yang signifikan terhadap produk kayu,” katanya. Menurut Agus, hingga 7 Maret 2016, penjualan kayu sudah mencapai Rp12,7 miliar dengan jumlah kapling yang sudah diupload sebanyak 35.104 bidang dengan volume ritel online 15.235 m3 dan volume kontrak online 323,1 m3.
“Penjualan online ini juga merupakan salah satu bentuk rencana aksi Perhutani, hasil pendampingan KPK sejak tahun 2014 lalu,” katanya. Executive Vice President (EVP) Telkom Regional IV Jateng dan DIY Rosyidul Umam Aly menambahkan, penjualan online TokoPerhutaniadalahpenjualan online kayu pertama di dunia. Penjualan kayu online merupakan solusi pemasaran digital terintegrasi yang memungkinkan pelanggan atau pembeli kayudapatmencaridanmembeli kayu secara real time dan any where karenadibangunberbasis e-commerce termasuk payment gateway-nya.
“Penjualan online produk Perhutani merupakan salah satu perwujudan MoU sinergi BUMN. Telkom Indonesia telah mendukung pembangunan dan pengembangan aplikasi maupun infrastruktur dalam bisnis Perum Perhutani dengan berbagai solusi, di antaranya Pengembangan Enterprise Resource Planning, Business Intellegence, e-Office, Komunikasi data antar KPH, Infrastruktur data semua TPK dan yang terakhir POTP dalam bisnis Perum Perhutani dengan pemanfaatan ICT,” katanya.
Telkom berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanan TIMES (Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutainment, dan Services) untuk mendukung pertumbuhan bisnis Perum Perhutani, serta berperan lebih besar untuk pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara keseluruhan.(andik sismanto)
Edisi Tanggal : 09-03-2016
Sumber : Koran Sindo.com