"Loading..."

Perhutani Mojokerto Dukung Program Pemkab Lamongan Berikan Akses Pemberdayaan Masyarakat

MOJOKERTO, PERHUTANI (25/11/2020) | Untuk mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan dalam rangka memberikan akses masyarakat sekitar hutan dalam pemanfaatan kawasan hutan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto mengikuti acara Fasilitasi Pemberdayaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam pengembangan usaha perhutanan sosial bertempat di ruang rapat Tumenggung Surajaya, Kabupaten Lamongan pada Selasa (24/11).

Dalam kesempatan itu Administratur KPH Mojokerto melalui wakilnya, Tito Darmawan memaparkan berbagai kegiatan dari embrio Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) LMDH se-Kabupaten Lamongan dan memberikan peluang Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk membantu mengembangkan embrio KUPS LMDH tersebut.

“Seperti dicontohkan KUPS LMDH Sumber Rejeki yang mempunyai embung, Dinas Perikanan bisa membantu bibit ikan untuk ditebar di embung tersebut,” ungkapnya

Ia juga menambahkan bahwa Perhutani menyambut baik gagasan acara yang telah diadakan Pemerintah Kabupaten Lamongan dengan menghadirkan langsung teman-teman ketua LMDH pelaku wisata dan LMDH penerima SK Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) agar mereka stakeholder terkait dapat mendengarkan langsung keluh kesah mereka di lapangan seperti apa, dan bagaimana solusi terbaik untuk kemajuan mereka. “Perhutani siap memberikan dukungan dan turut serta menyukseskan program Pemerintah tersebut,” paparnya.

Sementara perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Lamongan sekaligus Kepala Bidang SDA Kabupaten Lamongan, Prissa menyatakan bahwa acara ini sangat penting sekali diadakan karena sebagai bahan penyerapan aspirasi atau masukan dari Masyarakat Desa Hutan yang berkecimpung dalam bidang wisata dan segenap LMDH yang telah menerima SK Perhutanan Sosial (PS) skema Kulin KK dalam mengembangkan KUPS. Hal tersebut juga perlu bersama-sama diketahui oleh segenap OPD agar mereka juga turut serta membuka akses kepada LMDH terkait program bantuan yang ada di satuan unit kerja masing-masing.

“ini langkah awal kami selaku Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam mendukung Program Pemerintah terhadap Perhutanan Sosial di wilayah kerja Kabupaten Lamongan,”ujarnya. (Kom-PHT/Mjk/Dwi)

Editor : Ywn

Copyright©2020