"Loading..."

Perhutani Pangkas Ekspor untuk Jaga Harga Produk Getah Pinus

Bali, CNN Indonesia — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola hasil hutan, Perum Perhutani akan mengurangi ekspor produk turunan getah pinus berjenis gondorukem (gum rosin) melalui agen-agen penjualan demi menjaga harga gumrosin dunia.

Perusahaan berniat untuk menjual komoditas tersebut secara langsung (direct selling) kepada korporasi pengguna utama produk gum rosin, tanpa melalui agen penjualan.Direktur Utama Perhutani Mustoha Iskandar berharap sistem penjualan langsung ini bisa mengurangi perang mencari konsumen antar agen gum rosin di seluruh Indonesia.

Ia beralasan saat ini persaingan antar agen penjualan gum rosin terbilang sudah tidak sehat lagi.Selama ini satu agen gum rosin menjual ke satu buyer, di situ terjadi perang harga karena masing-masing agen berebut konsumen. Mulai sekarang kami akan atur agen distributor sehingga agen tidak saling berebut buyer dan kami akan lakukan direct selling kepada mitra-mitra kami, jelas Mustoha di Nusa Dua, Bali, Kamis (3/3).

Ia menambahkan, upaya direct selling juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan pembeli produk Perhutani. Pasalnya, sampai saat ini ada beberapa pelanggan gum rosin ada yang belum berkomunikasi langsung dengan perusahaan.Selain bisa memonitor harga gum rosin, kami bisa bertemu langsung dengan pembeli. Harapannya semoga pelanggan juga bisa dapatkan harga yang lebih murah dibanding beli melalui agen, jelasnya.

Sumber : cnnindonesia.com
Tanggal : 3 Maret 2016

Share: