"Loading..."

Perhutani Parengan Fasilitasi LMDH di Wilayahnya Dapatkan Bantuan Benih Jagung

PARENGAN, PERHUTANI (17/9/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan menggelar sosialisasi dan memfasilitasi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayahnya untuk mendapatkan bantuan benih jagung. Acara sosialisasi tata cara penerimaan bantuan benih jagung dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dilaksanakan di Aula Kantor KPH Parengan,  Kamis (17/9).

Kegiatan dihadiri oleh Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri beserta jajarannya, Dinas Pertanian Tuban, 2 orang Pengurus LMDH  dari 6 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH).

Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri mengatakan, bahwa pertemuan tersebut untuk membahas rencana sosialisasi tata cara pendistribusian bantuan benih jagung sesuai proses Calon Petani Calon Lahan (CPCL) Tahun 2020. Menurutnya KPH Parengan untuk program ketahanan pangan tahun 2020 mengusulkan lahan seluas 2.450 hektar untuk 38 LMDH, “Namum yang mendapat persetujuan 32 LMDH dengan luas 2,040 hektar dengan benih Jagung Hibrida Varietas Bisi 18,” ujarnya.

“Saya berharap selain mendapat bantuan benih jagung  juga mendapat bantuan pupuk serta ada bimbingan dari Koordinator Penyuluh Pertanian  supaya benih jagung bibit unggul yang ditanam dapat menghasilkan panen yang memuaskan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban yang diwakili Kepala Bidang Ketahanan Pangan Darmadi Nur mengatakan, bahwa proses CPCL sesuai prosedur harus ada usulan dan kelompok bersedia menerima benih yang sesuai usulan. “Kami tegaskan kepada penerima benih agar tidak memperjualbelikan benih bantuan yang didapat, dan itu harus ditanam sesuai ketentuan”, katanya.

Usai mengikuti acara itu Ketua Paguyuban LMDH Mulyono mengaku bahwa program bantuan ini baru pertama kalinya di wilayahnya. “Saya berharap LMDH penerima bantuan benih bisa bekerjasama dengan kelompok tani dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan serta Perhutani supaya menghasilkan hasil panen yang bagus dan saya mengucapkan terima kasih kepada Perhutani yang mau memfasilitasi LMDH,” ungkapnya. (Kom/PHT/Prg/ Ags)

Editor : Ywn

Copyright©2020