"Loading..."

Perhutani Pemalang Sosialisasikan Lomba Menulis Cerita Pendek Perhutani Green Pen Award 2015

Doc. Kom PHT/Humas.Pml @2015

PEMALANG, PERHUTANI (5/12 ) | Perhutani Pemalang mengadakan sosialisasi lomba penulisan cerita pendek Perhutani Green Pen Award 2015 kesejumlah sekolah tingkat SLTA maupun SLTP dan beberapa perguruan tinggi yang ada diwilayah Kabupaten Pemalang.

Sosialisasi yang diadakan sejak bulan Nopember yang lalu dimaksudkan untuk memberikan informasi seputar lomba menulis cerpen yang bertemakan hutan dan lingkungan yang dikemas dalam Perhutani Green pen Award. Dari hasil sosialisasi ini diharapkan banyak peminat dari kalangan generasi muda untuk mengikuti lomba ini.

Sekitar 22 sekolah baik tingkat SLTA maupun SLTP dan beberapa perguruan tinggi  dan secara umum animo terhadap lomba cerita pendek sangat besar.Walaupun sejak hari ini belum secara pasti berapa orang yang sudah mendaftar.

Selain sosialisasi Perhutani juga sudah memberikan informasi tentang adanya lomba cerpen ini ke beberapa media lokal, statsiun radio maupun berita harian surat kabar lokal. Dengan caraini diharapkan seluruh lapisan masyarakat khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Pemalang dan sekitarnya akan tahu adanya rencana lomba cerita pendek yang diadakan oleh Perum Perhutani.

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 22 Nopember 2015 dan akan ditutup pada tanggal 12 Februari 2016 (stempel pos/jasa kurir). Ada tiga kategori, yaitu kategori A diperuntukkan peserta dari pelajar SLTP sederajat, Pelajar SLTA dan Mahasiswa kategori B dan Kategori C diperuntukan untuk umum, guru, dosen,penulis/pengarang. Penulisan naskah bebas, dengan tema cerita kisah kehidupan dengan berbagai aspeknya terkait hutan, alam dan lingkungan hidup.

Naskah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, indah,  dan komunikatif. Naskah panjangnya 5 sampai dengan 10 halaman A.4 diketik 1,5 spasi, huruf times new roman. Dan beberapa persyaratan penting lainnya sudah disampaikan secara lengkap dalam sosialisasi.

Lomba menulis cerita pendek yang dikemas dalam Perhutani Green Pen Award ini sudah kedua kalinya digelar oleh Perum Perhutani yaitu sejak tahun 2014. Pada tahun 2014 sekitar 1000 judul masuk ke panitia. Peserta nya berasal dari aceh sampai ke Papua, juga ada beberapa naskah yang berasal dari warga Indonesia yang berada di Malaysia, Taiwan dan Hongkong. (Kom-PHT/Pml/Dodi Sukmadi).

Editor : Dadang K Rizal
Copyright ©2015