"Loading..."

Perhutani, Polsek dan Koramil Tangen Melakukan Penanaman Bersama di Desa Galeh Sragen

SURAKARTA, PERHUTANI (20/03/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Kepolisian Sektor (Polsek) Tangen dan Komando Rayon Militer (Koramil) Tangen melaksanakan penanaman bersama di Desa Galeh, Petak 36b, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Blontah, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tangen, Kabupaten Sragen, Jumat  (19/03).

Acara dihadiri langsung oleh Kapolsek Tangen AKP Muh. Zaeni, Danramil Tangen Kapt. Inf. Suhardi, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Tangen Suprayogo, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Noto Wono dan  masyarakat penggarap hutan.

Penanaman pohon bersama digelar sebagai salah satu upaya mendukung kebijakan pemerintah yakni untuk ketahanan pangan disaat pandemi di Jawa Tengah khususnya di daerah Tangen, karena kesejahteraan masyarakat salah satunya dipengaruhi oleh ketersediaan pangan. Jenis tanaman atau bibit buah yang ditanam adalah Pisang Cavendish sejumlah 2.000 plances.

Menyampaikan pesan Administratur KPH Surakarta, Kepala BKPH Tangen, Suprayogo menyampaikan bahwa rencana luas lahan yang akan ditanam adalah 10 hektar dengan jarak tanam 10 x 5 dengan sistem tumpang sari tanaman Jagung yang ditanam oleh masyarakat petani hutan.

Kapolsek Tangen AKP Muh. Zaeni mengucapkan terima kasih kepada Perhutani yang telah menyediakan lahan untuk kegiatan ini.

“Penanaman yang dilaksanakan kali ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan penanaman Kapolda Jawa Tengah dan Pangdam bersama Kodam IV serta Perhutani sebelumnya dalam mensukseskan program pemerintah yaitu ketahanan pangan di seluruh wilayah. Secara teknis nanti kita bersama Koramil dan Perhutani serta masyarakat sekitar hutan yang akan memelihara, merawat dan menjaga. Dengan adanya lahan yang disiapkan oleh Perhutani diharapkan kita akan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar tetapi juga kontribusi untuk wilayah Jawa Tengah,” ujarnya. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2021