"Loading..."

PERHUTANI RAIH PENGHARGAAN DIGITECH AWARD 2021

JAKARTA, PERHUTANI (31/03/2021) | Perum Perhutani raih penghargaan utama DIGITECH Award 2021 yang diselenggarakan oleh Itech bertempat di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Rabu (31/03).

Hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut Chairman Strategic Management & Digital innovation Institute Irnanda Laksanawan yang juga selaku Ketua Penyelenggara DIGITECH Award 2021, Ketua Dewan Juri Bambang Setiadi, Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Danang, Direktur SDM, Umum dan IT Perhutani Muhamad Denny Ermansyah, jajaran Direksi para penerima penghargaan serta para tamu undangan.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Dewan juri kepada Perhutani yang diterima Direktur SDM, Umum dan IT Perhutani Muhamad Denny Ermansyah berupa penghargaan kategori The Best IT Human Capital Development In Forestry Industries.

Pada sambutannya Irnanda Laksanawan menyampaikan jika Perusahaan yang mendapatkan penganugerahan DIGITECH Award 2021 merupakan Perusahaan yang terbaik dalam melakukan Transformasi Digital dan leadership teknologi pasca pandemi Covid-19 dengan menerapkan Digitalisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan terhadap pelanggan maupun mitra bisnisnya.

“Penganugerahan penghargaan ini melalui proses penjurian yang ketat oleh para juri profesional, yang menerima Penghargaan tentunya yang terbaik sehingga dapat menjadi kebanggaan bangsa, selamat bagi para penerima penghargaan DIGITECH Award 2021, semoga menjadi motivasi untuk terus membawa Perusahaanya lebih baik,” katanya.

Bambang Setiadi mengungkapkan bahwa para dewan juri melakukan penjurian dan membedah seluruh informasi untuk memberikan penilaian dan meyakinkan Pemerintah juga rakyat, bahwa proses Creating Value transformasi inovasi sedang berlangsung di Indonesia dan sangat cepat.

“Para peserta di kompetisi ini bukan hanya memperjuangkan tim IT perusahaan sendiri tetapi menuju penghargaan untuk Indonesia, dan kami menjadi saksi bahwa transformasi inovasi telah mencapai panggung utama dalam pembuatan kebijakan sains dan teknologi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Muhamad Denny Ermansyah menjelaskan bahwa Perhutani  mempunyai hak pengelolaan lahan 2,4 Juta Ha di pulau Jawa, termasuk untuk memastikan aktivitas proses produksi, interaksi masyarakat dan kelestarian lingkungan terjaga dalam kawasan  area tersebut, hal ini tidak mungkin dilakukan secara manual sehingga harus menciptakan Inovasi dan Tranformasi IT Perhutani di Era Industri 4.0.

“Proses digitalisasi dimulai dengan identifikasi terhadap bisnis proses utama dan terhadap rantai nilainya (value chain). Digitalisasi di mulai dari pengelolaan sumberdaya hutan yang menghasilkan produk  primer, pengolahan yang menghasilkan produk sekunder serta proses Pemasaran yang berorientasi ke pelanggan,” katanya.

Denny juga memaparkan bahwa Digitalisasi terhadap bisnis proses utama dimulai dengan Implementasi Enterprise Ressource Planning (ERP) sebagai backbone proses untuk mengintegrasi bisnis proses utama korporasi sehingga proses menjadi transparan, mulai dari proses Perencanaan, budgeting, proses produksi, logistik & inventory sampai dengan Pemasaran.

“Perhutani juga mengimplementasikan Bisnis model kolaborasi dengan Digital Social Agroforestry untuk membantu terbentuknya kolaborasi antara Perhutani sebagai pengelola kawasan hutan, petani/Masyarakat Desa Hutan (MDH) sebagai penggarap, penyedia sarana produksi pertanian (Saprotan), penyedia pendanaan (Perbankan, KUR) dan Offtaker untuk pemasaran produk Agroforestry,”

Perum Perhutani mendapatkan penilaian dari dewan juri dengan nilai yaitu, 4.67 dari nilai sempurna 5.0, dengan penilaian berdasarkan pada Keterbukaan (Transparency), Akuntabilitas (Accountability), Pertanggungjawaban (Responsibility), Kemandirian (Independency), Kesetaraan dan kewajaran (Fairness).

Ajang DIGITECH Award 2021 and CEO Talks bertema “Achieving The Corporate Goals Through Digital Technology Transformation & Innivation” diselenggarakan Itech yang didukung para pakar di bidang Teknologi Informasi, Innovation, Corporate Transformation, Strategic Management, Finance, Insurance, ICT, Riset dan Inovasi yang tergabung dalam Dewan Juri DIGITECH Award 2021. (Kom-PHT/PR/2021-III-9)

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi:

Asep Dedi Mulyadi – Sekretaris Perusahaan

Telp. (021) 5721282

Fax. (021) 5733616

Informasi tambahan Perum Perhutani di www.perhutani.co.id