"Loading..."

Perhutani Raih Penghargaan TOP Digital Innovation Award 2020

JAKARTA, PERHUTANI (29/04/2020) | Perum Perhutani raih penghargaan TOP Digital Innovation Award 2020 yang diselenggarakan oleh Itech melalui Tele-Awarding di TVRI – Jakarta, Rabu (29/04).

Melalui Talk Show di TVRI dan Video Conference Zoom, acara dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Permadi Brodjonegoro, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, Ketua Dewan Riset Nasional (DRN) Bambang Setiadi serta Chairman Digital Transformation & Innovation Institute Irnanda Laksanawan.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Irnanda Laksanawan kepada Perhutani yang diterima oleh Direktur SDM, Umum dan IT Kemal Sudiro berupa Penghargaan Top Human Capital Development 2020 serta TOP CIO-Chief Information Technology 2020.

Pada kata sambutannya Bambang menyampaikan bahwa dengan adanya Pandemi Covid-19 kita dianjurkan bekerja dari rumah untuk mencegah dan memutus penyebaran virus corona.

“Dengan perkembangan teknologi digital dari tiap perusahaan ini, diharapkan walau bekerja dari rumah kita dapat dengan optimal dalam menyelesaikan pekerjaan”, tambah Bambang.

Dalam acara talkshow Irnanda menjelaskan bahwa Saat ini, transformasi digital 4.0 membuka banyak peluang salah satunya melalui pemanfaatan “Big Data” yang ada dan tidak terpisahkan dengan strategi bisnis perusahaan serta penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan peran sebagai Agent Of Development dalam menyiapkan SDM yang berdaya saing.

“Dengan implementasi teknologi digital yang terbarukan pada sistem tata kelola TI perusahaan serta pengembangan teknologi digital yang berkelanjutan, akan menekan biaya produksi serta meningkatkan kinerja perusahaan”,ujar Irnanda.

Dalam kesempatan yang sama Kemal Sudiro menjelaskan Perhutani selama 4 tahun ini telah melakukan transformasi digital berkerjasama dengan PT Telkom dalam mensuport perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk-produk hasil hutan maupun sektor wisata yaitu membangun platform e-comerce tokoperhutani.com (POTP) dan pengelolaan tiket secara online sehingga bisnis berjalan lebih baik.

Kemal juga menambahkan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar hutan, Perhutani sedang membangun sistem Socio Partnership yaitu sebuah pola kerjasama sosial pengelolaan agroforestry pada kawasan hutan yang berbasis teknologi digital, yang memberikan nilai tambah bagi petani hutan, Perhutani dan pemangku kepentingan lainnya.

“Terkait covid-19 bidang SDM dan IT Perhutani sangat berperan dalam penanganan pandemi ini yaitu dengan memberlakukan Work From Home (WFH) dan memonitor pekerjaan serta kesehatan masing-masing karyawan melalui gadget masing-masing. Walaupun dengan adanya wabah ini seluruh karyawan Perhutani yang berjumlah 18.400 yang bekerja dari kantor maupun lapangan tetap sehat dan optimal dalam bekerja”, jelas Kemal.

Ajang TOP Digital Innovation Award 2020 adalah ajang pemberian penghargaan tahunan yang dilakukan oleh Majalah Itech. Tahun ini merupakan tahun kedelapan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Majalah Itech terhadap perusahaan yang mampu meraih kinerja terbaiknya dalam mengadopsi teknologi informasi. (Kom-PHT/PR/2020-IV-9)

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi:
Asep Rusnandar – Sekretaris Perusahaan
Telp. (021) 5721282
Fax. (021) 5743579
Informasi tambahan Perum Perhutani di www.perhutani.co.id