"Loading..."

Perhutani Revitalisasi Pabrik Minyak Kayu Putih Sukun di Ponorogo

MADIUN, PERHUTANI (13/4/2021) | Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Timur Karuniawan Purwanto Sanjaya melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKP) Sukun yang wilayahnya merupakan kawasan hutan Perhutani Madiun di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo pada Selasa (13/4).

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Forkopimcam Kecamatan Pulung, jajaran Perhutani KPH Madiun dan Perangkat Desa setempat.

Karuniawan Purwanto Sanjaya dalam sambutannya menyampaikan, “PMKP Sukun perlu direvitalisasi, dikarenakan pabrik yang lama, kapasitas produksinya masih kurang maksimal dan bangunan pabriknya yang sudah cukup tua, sehingga dibutuhkan bangunan pabrik yang baru yang ditunjang dengan fasilitas dan peralatan yang modern dan aman guna peningkatan produktifvitas,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam meningkatkan produktivitas yang optimal, tentunya harus diimbangi dengan kualitas daun kayu putih yang berasal dari tanaman kayu putih Klon Unggul. “Termasuk juga keluasan tanaman kayu putih yang bisa mencukupi kebutuhan pasokan untuk produksi PMKP,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Karuniawan juga berpesan, agar pembangunan Pabrik PMKP dilaksanakan dengan bahan baku yang berkualitas dengan tenaga-tenaga ahli di bidangnya. “Dengan dibangunnya pabrik baru ini semoga bisa memberikan manfaat bagi perusahaan dengan peningkatan produktivitas dan hasil rendemen Minyak Kayu Putih yang maksimal,” tutupnya.

Usai memberikan sambutan Karuniawan beserta undangan melakukan peletakan batu pertama yang diikuti oleh Camat Pulung, Kapolsek Pulung, Danramil Kecamatan Pulung dan disaksikan oleh seluruh undangan lainnya.

Sementara itu Pimpinan Proyek PT Citra Mandiri Cipta yang berkantor pusat di Surabaya  Mugiyono menyampaikan terima kasih telah ditunjuk dan dipercaya Perhutani untuk menggarap proyek pembangunan pabrik minyak kayu putih (PMKP Sukun). Dalam kesempatan tersebut Mugiyono juga memaparkan satu persatu master plan, konsep dan desain bangunan pabrik PMKP Sukun yang futuristik dan ramah lingkungan. “Semoga pembangunan ini dapat diselesaikan sesuai dengan target,”katanya. (Kom-PHT/Mdn/Yd)

Editor : Ywn

Copyright©2021