"Loading..."

Perhutani Sabet Penghargaan FSC Certificate Holder Pertama di Indonesia

RMCO.ID (16/12/2020) | Perum Perhutani menerima trophy penghargaan Forest Stewardship Council (FSC) yang diselenggarakan oleh FSC Indonesia bertempat di Science Park IPB, Ruang Mahoni, Jl. Taman Kencana No.3 Kota Bogor pada Selasa (15/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut Country Manager FSC Indonesia, Hartono Prabowo, Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Perhutani Ahmad Ibrahim, Direktur Eksekutif Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI) Herryadi, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Indroyono Soesilo beserta para tamu undangan lainnya

Penghargaan tersebut diberikan oleh Country Manager FSC Indonesia, Hartono Prabowo kepada Perhutani, yang diterima Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran, Ahmad Ibrahim berupa penghargaan sebagai FSC Certificate Holder Pertama di Indonesia.

Pemberian penghargaan tersebut juga dalam rangka kegiatan peresmian dan peluncuran Standar Sertifikasi Voluntary FSC Pengelolaan Hutan Nasional (SPHN) yang juga dilaksanakaan secara virtual melalui Zoom dan Live YouTube.

Dalam sambutannya, Country Manager FSC Indonesia Hartono Prabowo menyampaikan, SPHN dibentuk dari kombinasi berbagai kepentingan, terkait pengeloaan hutan dan kombinasi sistem, metodologi, aturan serta hukum yang berlaku. Sehingga secara khusus menjadi sebuah Standar Pengelolaan Hutan Nasional (SPHN).

Menurutnya, SPHN telah dipublikasikan pada 18 Agustus 2020 dengan proses sosialisasi sebanyak empat kali, dengan target audien yang berbeda, yakni pada unit usaha skala besar, unit usaha skala kecil, auditor serta stakeholders yang dilakukan secara daring. Dengan adanya SPHN, dia berharap, dapat terwujud pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Dalam kesempatan yang sama Ahmad Ibrahim menyampaikan apresiasi kepada FSC Indonesia, atas pengakuannya kepada Perum Perhutani sebagai pemegang sertifikat FSC pertama di Indonesia.

Dia juga memaparkan sejarah Perhutani dalam mengikuti sertifikasi FSC. menurut Ibrahim, suatu proses yang panjang dan tidak mudah untuk mencapai semua ini.

Sumber : rmco.id

Tanggal : 16 Desember 2020