"Loading..."

Perhutani, Saka Wanabakti, dan Masyarakat Hijaukan Sempadan Sungai di Randublatung

RANDUBLATUNG, PERHUTANI (06/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung bersama Pramuka Saka Wanabakti dan masyarakat melakukan penanaman bersama di lokasi Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) Hutan dengan bibit buah-buahan jenis Alpukat dan Mangga sebanyak 400 plances di lahan seluas lebih dari 2 Ha sepanjang sempadan sungai, petak 106 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jatikusumo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kedungjambu, Minggu (06/12).

Acara penanaman bersama ini dihadiri oleh Kepala BKPH Kedungjambu Untung Susilo, Pamong Saka Wanabakti Randublatung Harmanto, masyarakat desa Kediren kecamatan Randublatung, dan belasan anggota Pramuka Saka Wanabakti binaan KPH Randublatung.

Penanaman pada sempadan sungai ini disamping bertujuan untuk mencegah erosi, pengawasan baku mutu udara, dan fungsi konservasi, juga diharapkan buah yang dihasilkan dari tanaman tersebut kelak dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar sebagai nilai tambah.

Administratur KPH Randublatung, Dewanto melalui Kepala BKPH Kedungjambu berharap bahwa pemulihan Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) pada sempadan sungai dengan bibit buah-buahan ini nantinya dapat dirawat dengan baik dan nantinya buah yang dihasilkan dapat dinikmati oleh masyarakat tanpa mengganggu fungsi di sepanjang sungai.

Salah satu anggota Pramuka Saka Wanabakti, Adera menyampaikan rasa bangganya dapat ikut berperan serta melestarikan hutan lingkungan.

“Kami merasa bangga dapat dilibatkan dalam kegiatan penyelamatan lingkungan ini. Semoga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (Kom-PHT/Rdb/Hmt)

Editor : Ywn
Copyright©2020