"Loading..."

Perhutani Surakarta Salurkan Pinjaman Modal Kepada Mitra Binaan Senilai 140 Juta

SURAKARTA, PERHUTANI (28/12/2020) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta menyerahkan bantuan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk 7 orang mitra binaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) senilai 140  juta yang secara simbolis diberikan oleh Administratur (KPH) Surakarta di ruang Rapat kantor KPH Surakarta,  Senin (28/12).

Salah satu bentuk tanggung jawab Perhutani sebagai BUMN adalah dengan program pembinaan usaha kecil dan pemberdayaan kondisi lingkungan agar memberikan manfaat bagi masyarakat. Program PKBL ditujukan untuk para wirausaha kecil di sekitar kawasan hutan agar nantinya dapat berkembang menjadi wirausaha berintegritas, tangguh, profesional dan mandiri. Mitra binaan yang mendapat bantuan terdiri dari beberapa macam jenis usaha yaitu untuk : Ternak, Pembuatan tempe, Usaha sembako dan Usaha pakaian.

Dalam sambutannya, Adm KPH Surakarta Sugi Purwanta menjelaskan bahwa penyerahan pinjaman modal dilakukan secara tunai dari Perhutani kepada mitra binaan. “Kami berharap bantuan modal ini dapat dipegang bersama komitmen yang sudah dijanjikan, karena dana ini bukan dana gratis sehingga supaya digunakan sesuai jenis usahanya. KPH Surakarta akan rutin datang ke rumah-rumah mitra binaan sebagai bagian dari monitoring usaha agar dana yang sudah diberikan dimanfaatkan sesuai dengan komitmen yang sudah disepakati. Semoga usaha yang akan dilakukan bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat serta barokah bagi calon mitra semua,” jelas Sugi.

Salah satu mitra binaan yang menerima bantuan Sri Wigati dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gading Manunggal mengucapkan terima kasih kepada Perhutani atas pinjaman bantuan PKBL.

“Dana ini akan saya gunakan untuk menambah pengembangan produksi usaha Tempe dan berharap usaha kecil kami semakin berkembang memberikan manfaat dalam menunjang ekonomi masyarakat,” ungkap Sri. (Kom-PHT/Ska/Ipunk)

Editor : Ywn

Copyright©2020