"Loading..."

Perhutani dan CDK Madiun Tanam 1.500 Bibit MPTS di Desa Pleret

SARADAN, PERHUTANI (19/3/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Madiun melakukan penghijauan dengan penanaman bibit pohon sebanyak 1.500 plances di lokasi sumber air Pleret di Desa Dawuhan Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun, Kamis (18/3).

Bibit yang ditanam merupakan jenis Multy Purpose Tree Species (MPTS) antara lain, alpukat, nangka, sirsak, jambu air, mangga, rambutan dan bibit tanaman kayu keras seperti glodok pecut, beringin dan trembesi.

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten Perhutani (Asper) BKPH Notopuro Nor Ivansyah, Kepala CDK Wilayah Madiun Didik Susanto, Penyuluh Kehutanan Mujianto bersama jajaran, segenap Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pilangkenceng, Kepala Desa Dawuhan Mariono, Ketua LMDH Wono Bangun Naseb, Adik-adik Pramuka, Ibu-ibu anggota PKK dan masyarakat Desa Dawuhan.

Mewakili Administratur KPH Saradan, Nor Ivansyah mengatakan, ”Kegiatan ini merupakan sinergitas antara Perhutani KPH Saradan dengan CDK Wilayah Madiun dengan dibantu oleh masyarakat dan stakeholder terkait,” ujarnya.

Menurut Noor Ivansyah, lokasi sumber mata air Pleret Desa Dawuhan tersebut terletak berhimpitan dengan kawasan hutan petak 166d  yakni Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) yang masuk wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gandul BKPH Notopuro KPH Saradan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar lingkungan sekitar sumber mata air Pleret bisa lestari sehingga sumber air bisa terus keluar sepanjang tahun bisa bermanfaat untuk masyarakat di sekitarnya,” Nor Ivansyah menambahkan.

Di tempat yang sama Kepala CDK Wilayah Madiun Didik Susanto menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mereboisasi lahan-lahan kritis untuk mengurangi erosi pada musim hujan dan untuk menjaga sumber mata air pada musim kemarau panjang. “Menurutnya untuk menjaga kelestarian lingkungan, tenaga penyuluh dari CDK Wilayah Madiun akan siap membantu menyiapkan bibit penghijauan dan siap mendampingi dalam pelaksanaan di lapangan,” katanya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2021