"Loading..."

Perhutani Saradan Fasilitasi LMDH Dapatkan Bantuan Pupuk Dan Pinjaman KUR

SARADAN, PERHUTANI (22/01/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan fasilitasi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayahnya untuk mendapatkan bantuan dari Direktorat Aneka Kacang dan Umbi-Umbian (Akabi) Dirjen Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian berupa bantuan pupuk dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pengembangan tanaman porang, hal itu disampaikan Junior Manager Bisnis Noor Imanuddin mewakili Administratur KPH Saradan saat mengikuti ‘Workshop Pengembangan Komoditas Tanaman Porang’ di Madiun, Selasa (21/1).

Noor Imanuddin menegaskan, bahwa Perhutani KPH Saradan sangat mendukung kegiatan tersebut, pihaknya bersama LMDH telah menyiapkan lahan untuk demplot bibit porang seluas 6 ha yang berada di 3 wengkon LMDH, yaitu LMDH Pandan Asri Desa Klangon, LMDH Rimba Mas Sejahtera Desa Pajaran, dan LMDH Sumber Tani Desa Kaligunting.

“Kita akan mengawal program dari Kementerian Pertanian dengan harapan agar keberadaan porang di Jawa Timur khususnya  Kabupaten Madiun mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu mengutip pernyataan Direktur Akabi Amirudin Pohan, bahwa bantuan yang akan diberikan tersebut akan disalurkan melalui Bank BNI sebanyak 3 Milyar kepada 5 LMDH di wilayah KPH Saradan untuk kegiatan pengembangan tanaman porang di Kabupaten Madiun.

Amirudin Pohan melanjutkan, bahwa Pemerintah akan mendukung pengembangan tanaman porang di Indonesia khususnya di Jawa Timur agar tanaman porang bisa terjaga dan terpelihara sehingga produktivitas porang bisa semakin meningkat dan akan berdampak untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat.

“Pemerintah akan membantu pupuk dan membuat kebun bibit porang khusus yang berada di Kabupaten Madiun seluas 10 hektar, 6 ha berada di KPH Saradan dan 4 ha di beberapa wilayah lain,” imbuh Amirudin. (Kom-PHT/Srd/Swn).

Editor : Ywn

Copyright©2020