"Loading..."

Perhutani Serahkan Sharing Pemanfaatan Sumber Air pada LMDH Wonomakmur di Wonogiri

SURAKARTA, PERHUTANI (27/09/2020) | Bersamaan dengan acara sosialisasi program Trembesi, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta menyerahkan sharing pemanfaatan sumber air kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Makmur Desa Wonorejo di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Kamis (24/09).

Penyerahan sharing senilai Rp 10.400.000,- dilakukan secara simbolis oleh Kepala Seksi (Kasi) SDM, Umum dan Keuangan Sugiarto kepada Ketua LMDH Wono Makmur Sutarno, di hadapan peserta dari kedua belah pihak.

Sharing atau bagi hasil tersebut merupakan pembayaran kompensasi pemanfaatan sumber air Ondo-ondo dalam kawasan hutan antara Perhutani KPH Surakarta dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lawu Tirta Kabupaten Magetan.

Administratur KPH Surakarta, melalui Kasi SDM, Umum dan Keuangan Sugiarto menyampaikan bahwa kerjasama antara Perhutani dan LMDH diharapkan bisa memberi dampak yang positif bagi kedua belah pihak. Dengan kontribusi yang diberikan kepada LMDH, diharapkan ada timbal balik dari masyarakat kepada Perhutani dalam melestarikan hutan dan menjaga sumber mata air.

“Semoga dana sharing ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dan LMDH akan lebih termotivasi untuk saling bekerja sama.” ujar Sugiarto.

Ketua LMDH Wono Makmur, Sutarno di sela acara mengucapkan terima kasih dan mendoakan Perhutani agar  terus bisa menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat sekitar hutan sehingga ikut meningkatkan kesejahteraan mereka. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2020