"Loading..."

Perhutani Serahkan Sharing Produksi 317 Juta Kepada LMDH Wilayah Tegal dan Brebes

BALAPULANG, PERHUTANI (20/8/2020) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang menyerahkan sharing produksi kayu kepada 18  (delapan belas) Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang ada di wilayah kerja Kabupaten Tegal dan Brebes, Rabu (19/8).

Acara dihadiri oleh segenap manajemen Perhutani KPH Balapulang, perwakilan Asper (Asisten Perhutani), Ketua Paguyuban LMDH (PLMDH) dan perwakilan LMDH penerima sharing. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Administratur KPH Balapulang, A. Fadjar Agung Susetyo di Ruang Silva Kantor KPH Balapulang kepada perwakilan LMDH.

Sharing produksi kayu yang diberikan kepada LMDH ini merupakan bentuk kepedulian Perum Perhutani dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada sekitar hutan.

A. Fadjar Agung Susetyo dalam sambutannya mengatakan, “Pada tahun 2020 ini dana sharing yang dibagikan dilakukan via transfer ke rekening bank masing-masing LMDH dengan total sharing hasil produksi kayu tahun 2017 sebesar Rp 317.681.074. Jumlah bagi hasil yang cukup besar ini diharapkan masyarakat sekitar hutan yang bergabung dalam LMDH dapat memanfaatkannya untuk usaha produktif dan pengembangan usaha lainnya dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan pula himbauan kepada LMDH untuk menggali dan mengoptimalkan potensi wisata, pengembangan usaha Agroforestry dan potensi usaha lainnya, sehingga LMDH tidak hanya berharap dari dana sharing kayu.

Sementara itu Ketua PLMDH KPH Balapulang, Eko Agus Susilo yang mewakili LMDH dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah khususnya KPH Balapulang. Ia juga menyampaikan bahwa dana sharing tersebut akan dikelola oleh LMDH dan pemerintah tingkat desa.

“Terima kasih kepada Perum Perhutani KPH Balapulang atas pembagian sharing ini. Pembagian sharing ini sudah kami tunggu-tunggu ditengah melemahnya ekonomi karena dampak Covid-19,” tuturnya. (Kom-PHT/Blp/Was)

Editor : Ywn

Copyright©2020