"Loading..."

Perhutani Siap Berdayakan Warga Sekitar Hutan Terdampak Covid-19 di Jombang

JOMBANG, PERHUTANI (27/04/2020 ) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang siap memberdayakan masyarakat sekitar hutan yang terdampak Covid-19 di Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Hal itu diungkap dalam pertemuan antara Perhutani KPH Jombang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Ngluyu Kabupaten Nganjuk yang menyepakati pembahasan antisipasi warga pulang sebagai korban pemutusan hubungan kerja dari dampak Covid-19 yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Ngluyu, Senin (27/04).

Administratur Perhutani Jombang dalam pertemuan tersebut yang diwakili Wakilnya, Suprianto menyampaikan bahwa pihaknya siap menambah luas lahan agar dapat dimanfaatkan warga sekitar hutan di Kecamatan Ngluyu yang akan pulang kampung karena tidak ada pekerjaan lagi.

“Lahan dibawah tegakan nantinya bisa ditanami dengan tanaman polowijo atau empon-empon, atau mereka bisa membantu Perhutani dalam kegiatan persemaian, pemeliharaan kehutanan dan pemanenan hasil hutan baik kayu atau non kayu. Bisa juga warga tersebut merestorasi sumber mata air atau kawasan perlindungan setempat (KPS) dengan menanam bibit pohon buah-buahan,” terang Supriyanto.

Kegiatan pembahasan warga yang pulang kampung akibat Covid-19 tersebut diikuti Wakil Administratur KPH Jombang Barat, Suprianto, Kapolsek Ngluyu, Roni Andreas, Camat Ngluyu, Sujito dan semua Kepala Desa di Kecamatan Ngluyu.

Dalam keterangan terpisah Administratur Perhutani KPH Jombang, Beddi Taviffudin mengatakan bahwa penyediaan lahan tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan warga setempat melakukan usaha pertanian. Selain  itu warga juga bisa membantu Perhutani dalam pekerjaan persemaian dan yang lainnya. “Perhutani ingin membantu dan berkontribusi meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Saya mengapresiasi kinerja Petugas di lapangan yang bersinergi sangat baik dengan Forkopimcam Ngluyu,” ujar Beddi.

Sementara itu Kapolsek Ngluyu, Roni Andreas mengatakan jika ia sangat mendukung sepenuhnya  apa yang menjadi harapan Perhutani KPH Jombang yaitu hutan aman serta menyambut baik solusi yang ditawarkan, untuk mengantisipasi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Senada dengan Kapolsek, Camat Ngluyu, Sujito juga menyampaikan terimakasih terhadap Perhutani yang sudah memberikan solusi dan kontribusinya kepada masyarakatnya. (Kom-PHT/Jbg/Ars)

Editor : Ywn

Copyright©2020