"Loading..."

Perhutani Sosialisasikan Penanaman Tanaman Kerjasama bersama LMDH dan Kopassus

PEMALANG, PERHUTANI (12/11/2020) | Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang melaksanakan Sosialisasi Tanaman Kerjasama seluas 52 Hektar dengan Koperasi Tribun II Komandan Pasuskan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan Solo bertempat di halaman rumah Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Rejeki Desa Penujah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal , Rabu (11/11).

Hadir dalam acara ini Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jatinegara Suratno, Ketua LMDH Ngudi Rejeki Sudarsono, perwakilan Koperasi Tribun II Kopassus grub II Kandang Menjangan Solo Letnan Haryanto, beserta jajaran masing-masing.

Administratur KPH Pemalang melalui Asper BKPH Jatinegara, Suratno menyampaikan bahwa Perhutani KPH Pemalang mempunyai program tanaman yang telah dikerjasamakan sesuai Naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) tanaman antara Perhutani Koperasi Tribun II Kopassus Kandang Menjangan Solo dan LMDH Ngudi Rejeki.

“Pola tanaman yang dikerjasamakan sesuai PKS dengan pola tanaman Bersama Hutan Jaya (Bersahaja) dengan jarak tanaman 5 x 5 Meter. Kerjasama ini nantinya akan mengembangkan tanaman buah-buahan jenis Mangga, Petai,  dan Alpukat sebanyak 400 pohon per hektar. Diharapkan disela-sela antara tanaman buah dapat ditanami palawija. Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama untuk melestarikan hutan sehingga sumber air akan terus tersedia dan terjaga dengan baik,“ tuturnya.

Perwakilan Koperasi Tribun II Kopassus Kandang Menjangan Solo, Letnan Haryanto mengajak masyarakat Desa Penujah untuk turut serta dalam kegiatan kerjasama dan proses penanaman. Adapun tujuannya selain untuk menghijaukan kembali hutan sekitar Desa Penujah, juga diharapkan hasilnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Ketua LMDH Ngudi Rejeki, Sudarsono menambahkan bahwa Desa Penujah turut serta mendukung pelaksanakan penanaman tanaman buah. Pihaknya berterima kasih kepada Perhutani KPH Pemalang dan Koperasi Tribun II Kopassus Kandang Menjangan Solo atas kerjasama tanaman yang tidak hanya menguntungkan semua pihak namun juga untuk pelestarian wilayah hutan pangkuan. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2020