"Loading..."

Perhutani Sosialisasikan Persyaratan CPCL di Wilayah Tegal

PEMALANG, PERHUTANI (18/03/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di Balai Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal melaksanakan sosialisasi data persyaratan Calon Penggarap Calon Lahan (CPCL) di wilayah pangkuan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wanagalih, Kamis (18/03).

Hadir dalam sosialisasi, Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jatinegara Agus Heru Yudiyana, Kepala Desa Wotgalih Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal Warji, Ketua LMDH Wanagalih Rastono, dan para penggarap lahan kawasan hutan di pangkuan LMDH yang mencakup wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Winong, dan RPH Jatinegara.

Sosialisasi pendataan dan batasan data CPCL di wilayah pangkuan LMDH Wanagalih disesuaikan dengan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing penggarap lahan di kawasan hutan.

Menyampaikan pesan Administratur KPH Pemalang,  Kepala BKPH Jatinegara Agus Heru Yudiyana menyampaikan bahwa Perhutani KPH Pemalang beserta jajaran mendata para penggarap lahan di kawasan hutan yang sesuai dengan peraturan penggunaan kawasan hutan.

“Kami mengharap kerjasama para pihak yang terlibat baik dari Pemerintah Desa Wotgalih dan LMDH Wanagalih guna kelancaran pendataan dengan memberi informasi terkait calon penggarap calon lahan (CPCL) yang akurat. Data ini selanjutnya sebagai dasar kartu tani yang dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan benih dan pupuk bersubsidi dari pemerintah. Semoga program pemerintah terkait ketahanan pangan dapat terealisasi dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya

Kepala Desa Wotgalih, Warji dalam kesempatannya menyampaikan himbauan kepada masyarakat desa Wotgalih untuk bersinergi dengan jajaran Perhutani guna melancarkan program pemerintah yaitu program ketahanan pangan nasional dan melestarikan hutan.

“Dengan pendataan CPCL yang tertib sesuai dengan kondisi lapangan, kedepan bantuan benih dan kebutuhan pupuk bersubsidi setelah lengkap dapat diusulkan ke Dinas Pertanian Kabupaten untuk dicukupi sesuai data yang tercatat,“ imbuhnya.

LMDH Wanagalih melalui Ketuanya, Rastono mengucapkan terima kasih kepada Perhutani yang telah mendukung dan memberi pendampingan kepada LMDH dan masyarakat sekitar. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2021