"Loading..."

Perhutani Sosialisasikan Program Perhutanan Sosial dan Ketahanan Pangan di Indramayu

INDRAMAYU, PERHUTANI (04/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Indramayu melakukan sosialisasi Program Perhutanan Sosial (PS) dan Ketahanan Pangan kepada seluruh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah kerja KPH Indramayu, bertempat di Pesanggrahan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikawung, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Sabtu (03/10).

Sosialisasi tersebut dihadiri Administratur Indramayu Asep Saefudin beserta jajaran, segenap Asisten Perhutani (Asper), Ketua LMDH bersama perwakilan anggotanya, dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM).

Dalam pernyataannya Administratur KPH Indramayu, Asep Saefudin mengatakan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pembinaan terhadap LMDH, agar tidak terjadi kesalahpahaman. Ia pun meminta kepada seluruh pejabat pemangku wilayah kawasan hutan agar menambah pengetahuan serta kemampuan dalam bersosialisasi sehingga dapat melaksanakan koordinasi dengan semua stakeholder di daerah.

“Dasar kerja LMDH dahulu adalah melalui program PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat) sesuai SK Direksi Perhutani, namun sekarang PS melalui Pengakuan Perlindungan Kerjasama Kehutananan (Kulin KK) sesuai SK Kementerian Kehutanan. Pada prinsipnya sama saja, LMDH adalah mitra kerja Perhutani yang legal,“ jelasnya.

Asep menambahkan terkait Program Ketahanan Pangan khususnya penanaman padi diharapkan agar LMDH dan Perhutani bersinergi mensukseskan kegiatan tersebut dan segera menyelesaikan data CPCL (Calon Petani dan Calon Lahan) untuk masa tanam kedua periode Oktober–April yang sudah diverifikasi dan diajukan ke Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Ketua LMDH Jatimunggul, Juendi menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang telah membantu proses Kulin KK untuk LMDH di wilayah Indramayu.

“Sebagai mitra kerja, kami mengikuti dan tunduk kepada aturan yang berlaku. Kerjasama dalam bentuk implementasi PHBM ataupun Kulin KK sama saja, yang penting LMDH dan Perhutani tetap bermitra untuk membangun hutan  lestari dan meningkatkan perekonomian LMDH,” ungkapnya. (Kom-PHT/Idr/SH)

Editor : Ywn
Copyright©2020