"Loading..."

Perhutani Sumbang Ratusan Bibit Buah-Buahan Pada Masyarakat Desa Mantingan

MANTINGAN, PERHUTANI (22/03/2021) | Dalam rangka menyambut Hari Jadi Perhutani ke-60, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan membagikan bibit buah-buahan kepada warga Desa Mantingan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Selain pembagian bibit, dilaksanakan pula penanaman bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mbono Lestari, Senin (22/03).

Persemaian wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebon dipilih menjadi area penanaman bersama dengan masyarakat dan LMDH Mbono Lestari, Desa Mantingan. Sebanyak 100 plances Matoa, Nangka, Petai, Alpukat dan juga Sukun ditanam di sekitar area persemaian.

Hadir pula dalam kegiatan, Administratur KPH Mantingan Widodo Budi Santoso, Wakil Administratur Dwi Anggoro Kasih, Kepala Perencanaan Hutan Wilayah (PHW) IV Niken Setyorini.

Administratur KPH Mantingan, Widodo Budi Santoso mengatakan, “Rangkaian kegiatan hari jadi Perhutani ke 60 di wilayah Mantingan dilakukan dengan penanaman 100 bibit tanaman di lokasi persemaian BKPH Kebon dan pembagian 150 bibit kepada masyarakat untuk ditanam di lahan sekitar rumah, kebun, ataupun ladang masing-masing,” jelasnya.

Widodo berharap dengan banyaknya bibit buah-buahan yang diterima masyarakat sekitar persemaian dan warga desa Mantingan, dapat membantu menutup lahan-lahan yang masih kosong dengan tanaman buah-buahan. Selain itu, buah yang dihasilkan nanti diharapkan dapat membantu ketersediaan pangan masyarakat bahkan meningkatkan perekonomian di wilayah kecamatan Bulu.

Ssalah satu penerima bantuan bibit tanaman, Suparmi mengucapkan terima kasih kepada Perhutani.

“Bibit Alpukat ini akan kami tanam di lahan yang masih tersedia. Kebetulan lahan kami sekitar 1 hektar. Setengah hektar sudah kami tanami pohon pisang, sisanya masih saya bajak untuk tanaman jagung, dan untuk tanaman di pinggir kebun nanti rencananya kami tanami Alpukat,” jelas Suparmi sambil membawa bibitnya dengan bronjong untuk dibawa pulang. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn
Copyright©2021