"Loading..."

Perhutani Taman Mangrove Bersama Stakeholder di Ujungkrawang Bekasi

BOGOR, PERHUTANI (14/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Citarum-Ciliwung dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) melakukan kegiatan penanaman mangrove secara padat karya di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ujungkrawang seluas 46 ha, Rabu (14/10).

Lokasi penanaman berada di petak-3 dan 3a 1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Singkil seluas 20 Ha dan petak 2a RPH Muaragembong seluas 26 Ha. Keduanya berada di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi (Kasi) PSDH KPH Bogor mewakili Administratur KPH Bogor, Kepala BPDAS Citarum-Ciliwung Pina Ekalipta, Sekretaris Desa Pantai Bahagia Ahmad Kurtubi, Ketua LMDH Lestari Bahari Mirhan beserta anggota, dan Babinsa Desa Pantai Bahagia Martan.

Administratur KPH Bogor melalui Kasi PSDH, Hendra Siswanto menyampaikan bahwa kegiatan penanaman Rehabilitasi Hutan Lahan (RHL) tanaman mangrove secara padat karya bersama masyarakat Desa Pantai Bahagia yang tergabung dalam LMDH Lestari Bahar sangat penting untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem secara berkelanjutan. Tujuan utama dari penanaman tersebut adalah dalam upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

Sementara itu, Kepala BPDAS Citarum-Ciliwung, Pina Ekalipta menyampaikan bahwa pelaksanaan RHL sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010, dan mengacu pada P.9/Menhut-II/2013 tentang Tata Cara Pelaksanaan, Kegiatan Pendukung dan Pemberian Insentif Kegiatan RHL. Pina berharap semoga kegiatan ini untuk kedepannya dapat bermanfaat terhadap lingkungan hidup dan masyarakat di wilayah sekitarnya. (Kom-PHT/Bgr/Dn)

Editor : Ywn

Copyright©2020