"Loading..."

Perhutani Tanam 4.000 Bibit Pinus Bersama Muspika Bejen dan LMDH Wana Lestari

KEDU UTARA, PERHUTANI (04/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara menanam 4.000 bibit pinus bersama dengan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Bejen dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari di petak 23b.1, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Candiroto, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Candiroto, Selasa (1/12).

Turut hadir dalam acara penanaman tersebut Administratur KPH Kedu Utara Damanhuri, Camat Bejen Totok Nursetyanto, Kepala Desa Bejen Sugeng, Danramil Bejen Sentot Herutomo, dan Kapolsek Bejen Zainal Arifin.

Administratur KPH Kedu Utara, Damanhuri dalam sambutannya mengingatkan kembali bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan Hasil Hutan Kayu (HHK), Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen, area rekreasi, serta konservasi keanekaragaman hayati.

Pencanangan kegiatan reboisasi di tahun 2020 mulai dilaksanakan karena hujan sudah merata dan waktu yang tepat untuk segera melaksanakan penanaman. Dalam kegiatan ini, dipilih jenis pohon pinus dengan pertimbangan Perhutani KPH Kedu Utara sebagai salah satu penghasil getah di Jawa Tengah, perlu banyak menanam bibit pinus  sebagai regenerasi dan diharapkan akhir bulan Desember ini untuk seluruh tanaman dapat diselesaikan.

Kepala Desa Bejen, Sugeng menyampaikan atas nama Pemerintahan Desa menyambut baik dan mengapresiasi upaya jajaran Perhutani KPH Kedu Utara atas dilaksanakannya kegiatan penanaman bersama kali ini. Acara ini diharap mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian hutan dan lingkungannya serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar hutan. (Kom-PHT/Kdu/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2020