"Loading..."

Perhutani Tanam Pohon 300 Plances Bersama LSM Dan Pramuka di Probolinggo

PROBOLINGGO, PERHUTANI (24/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaringan Solidaritas Kemanusiaan (JAUSAN) dan Pramuka Saka Wanabakti Probolinggo melakukan penanaman bibit trembesi dan bibit ketapang sebanyak 300 plances pada lahan seluas 3 hektar di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Bentar wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klenang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Probolinggo, Senin (22/2).

Administratur Perhutani KPH Probolinggo Ida Jatiyana saat dihubungi di tempat terpisah mengatakan, bahwa saat ini curah hujan masih tinggi sehingga sangat baik untuk melakukan penghijauan. Menurutnya penanaman tersebut bertujuan untuk menghijaukan kembali lahan kritis yang ada di Gunung Bentar.

“Trembesi yang  ditanam itu akan menjadi naungan kayu-kayu produksi tebangan, karena Gunung Bentar ini telah ditetapkan sebagai Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Bentar oleh KPH Probolinggo,” imbuh Ida Jatiyana.

Acara Penghijauan di kawasan TPK Bentar diikuti sebanyak 65 orang terdiri dari LSM Jausan, jajaran Perhutani Probolinggo dan Pramuka Saka Wanabakti.

Koordinator LSM JAUSAN Abidin Agil pada saat selesainya acara mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai penyangga dan pelindung sumber mata air. “Kami sangat peduli pada lingkungan sehingga kami siap mengerahkan seluruh anggota dalam acara tanam bersama ini,” ujarnya.

Sementara itu salah satu peserta dari Pramuka Saka Wanabakti Probolinggo, Umma menyampaikan, “Kami siap membantu kegiatan penanaman dan siap ikut serta dalam kegiatan pelestarian hutan. Sebagai generasi muda sudah sewajarnya harus mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian hutan demi kelangsungan kehidupan dimasa mendatang,” ucapnya. (Kom-PHT/Pbo/HH)

Editor : Ywn

Copyright©2021