"Loading..."

Perhutani Tanam Sengon Bersama LMDH Wono Kencono di Rembang

MANTINGAN, PERHUTANI (23/12/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan melaksanakan kegiatan penanaman bersama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Kencono di Petak 112d  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebon yang masuk wilayah Kabupaten Rembang, Rabu (23/12).

Hadir Kepala Divisi Regional Jawa Tengah Endung Trihartaka, Administratur KPH Mantingan Widodo Budi Santoso, Sekretaris LMDH Wono Kencono Agus S dan Wiwik T, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Yayasan Karya Alam Lestari (Kalal) Pendamping Perhutani Djumadi S Rama.

Usai menanam, Kepala Divisi Regional Jawa Tengah  Endung Trihartaka berpesan bahwa bibit sengon yang ditanam hari ini harus terus dirawat hingga bertumbuh baik menjelang panen. Begitu pula upaya pengamanan tanaman yang dalam hal ini dibantu jajaran LMDH. Endung menambahkan penjelasan tentang skema kerjasama pengelolaan hutan dengan hak sharing yang akan diterima LMDH sesuai dengan kewajibannya pada tanaman yang ada di wilayah pangkuannya.

“Saat ini, tanaman sudah masuk sebagai aset di Perhutani dan LMDH punya peran sangat penting sebagai mitra Perhutani dalam pengelolaan hutan bersama masyarakat. Apalagi LMDH Wono Kencono sudah memetakan petak pangkuan hutan ini dalam pengajuan Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK),” katanya.

Ketua LSM Yayasan Kalal, Djumadi S Rama menyampaikan terima kasih kepada Perhutani KPH Mantingan selama menjadi LSM pendamping Perhutani banyak LMDH yang sudah berkembang selesai Reorganisasi dan beberapa sudah ada yang berbadan hukum.

“Kami berharap kemitraan bersama Perhutani dapat terus dipertahankan agar dapat membantu Pemerintah dalam mensejahterakan Masyarakat di kawasan hutan,” pintanya.

Sementara itu mewakili LMDH, Agus S menyatakan pihaknya ikut senang bisa menanam bersama dengan jajaran pimpinan Divisi Regional Jawa Tengah.

Penanaman pohon di petak 112d dilaksanakan dengan keluasan 14,51 hektar dan dengan jarak tanamnya 3×3 sistem banjar harian atau cemplongan. Pohon sengon dipilih untuk ditanam sebagai tanaman pokok, sedangkan tanaman pengisinya adalah pohon mahoni. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn
Copyright©2020