"Loading..."

Perhutani Tandatangani Kerjasama dengan Komunitas Sepeda Downhill Trek Gunung Pinang

BANTEN, PERHUTANI (23/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten melakukan kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) kemitraan kehutanan dengan Komunitas Sepeda Downhill Trek Gunung Pinang dalam rangka kerjasama optimalisasi potensi sumber daya hutan melalui kegiatan pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dilaksanakan di Kantor KPH Banten, Selasa (22/12).

Obyek lokasi yang dikerjasamakan yaitu kegiatan akses wisata alam di dalam kawasan hutan sepanjang 11 KM x 1,5 M berupa 4 (empat) trek objek kegiatan wahana sepeda downhill yang terletak di petak 17 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cilegon, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Serang, Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Penandatanganan PKS dilaksanakan oleh Adminsitratur KPH Banten Noor Rochman dan pengurus Sepeda Downhill Trek Gunung Pinang (TGP) Sriyono.

Administratur KPH Banten, Noor Rochman mengatakan maksud penandatanganan ini adalah dalam rangka optimalisasi fungsi dan manfaat kawasan hutan dengan melakukan kegiatan pengelolaan jasa lingkungan. Bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan peran para pihak terhadap keberlanjutan fungsi dan manfaat sumber daya hutan dan menyelaraskan pengelolaan sumber daya hutan dengan pembangunan wilayah desa sesuai dinamika sosial masyarakat desa hutan.

“Semoga kerjasama ini meningkatkan pendapatan Perhutani dan LMDH yang tentunya akan berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Kami berharap hak dan kewajiban para pihak bisa dijalankan dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu pengurus Sepeda Downhill TGP, Sriyono menyampaikan harapannya agar kerjasama ini bisa membuat hutan menjadi aman, hijau dan lestari tanpa mengubah fungsi hutan serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dalam kegiatan Sepeda Downhill Trek Gunung Pinang, kami berjanji akan selalu memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 dan siap membantu Perhutani menjaga dan melestarikan hutan,” jelasnya.  (Kom-PHT /Btn/AJB)

Editor : Ywn

Copyright©2020