"Loading..."

Perhutani Tandatangani NKK Bersama LMDH di Tegal

PEKALONGAN BARAT, PERHUTANI (09/10/2020) | Dalam rangka mensukseskan program Perhutanan SosialĀ  (PS) dengan skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK), Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat melaksanakan penandatanganan Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) Kemitraan Kehutanan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bertempat di aula KPH Pekalongan Barat, Jl. Raya Procot Slawi-Tegal No. 43, Kamis (08/10).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian proses pelaksanaan Kulin KK sebelum diajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta yang dihadiri Ketua Kelompok Kerja Perhutanan Sosial Desa Ganggawang Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Syaeful Rohman beserta 4 LMDH antara lain LMDH Damar Jati, LMDH Labuhan Bulan, LMDH Sumber Rejeki dan LMDH Baribis Jaya. Sebelumnya, Perhutani KPH Pekalongan Barat sudah melaksanakan penandatanganan NKK dengan 26 LMDH.

Jangka waktu kerjasama dalam NKK tersebut disepakati selama dua tahun sesuai edaran surat Direktur Operasi Perhutani terkait tinjauan hukum tentang PS dan PHBM.

Administratur KPH Pekalongan Barat, Gunawan Catur HR menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung program Perhutanan Sosial dari KLHK guna mewujudkan hutan lestari dan masyarakat sejahtera. Ia berpesan agar para Ketua LMDH menindaklanjuti kelengkapan persyaratan administrasi Kulin KK dan disampaikan kepada anggotanya sehingga bisa segera diproses ke KLHK di Jakarta.

Gunawan berharap semoga pemberian akses kelola kawasan hutan melalui skema Kulin KK ini dapat mengoptimalkan potensi lahan yang dikelola Perhutani KPH Pekalongan Barat berupa pengamanan tegakan dengan pola sharing kayu dan non kayu, tumpangsari dengan tanaman semusim, pemanfaatan lahan dibawah tegakan dengan pembuatan wisata rintisan, pemanfaatan sumber dan aliran air serta memanfaatkan jasa lingkungan seperti ekowisata dan keanekaragaman hayati serta rehabilitasi kawasan perlindungan sesuai dengan aturan yang ada.

Di kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Kerja Perhutanan Sosial Desa Ganggawang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Syaeful Rohman menyampaikan terima kasih kepada Perhutani KPH Pekalongan Barat yang sudah senantiasa mendukung program kerjasama Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan bagi masyarakat sekitar hutan. (Kom-PHT/Pkb/W2N)

Editor : Ywn

CopyrightĀ©2020