"Loading..."

Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama Bersama Koperasi Kopassus dan LMDH di Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (14/10/2020) | Bertempat di Gubug Kerja Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sejahtera Desa Peguyangan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang, Koperasi Primer Tribun II Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan Solo dan LMDH Sejahtera melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), Selasa (13/10).

Penandatanganan tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Kamis lalu di Solo antara Perhutani dan Koperasi Tribun II. Kerja sama akan dilaksanakan dengan menanam jenis tanaman Pisang Apendis di musim tanam tahun 2020 di lokasi petak 53b seluas 3 Ha Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klapanunggal, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bantarsari KPH Pemalang.

Kerjasama tripartit atau 3 belah pihak tersebut melibatkan Perhutani KPH Pemalang sebagai pemangku wilayah yang diberi kewenangan oleh negara untuk mengelola hutan dengan pihak Koperasi Primer Tribun II Kopassus Kandang Menjangan Grup II Solo sebagai investor dan pihak LMDH Sejahtera berperan sebagai pengamanan kawasan pangkuan LMDH.

Hadir dalam acara ini Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik, Komandan Kopassus Grup II Kandang Menjangan Kapten CZi Mujahid Anwari, Ketua LMDH Sejahtera Wahidin, dan perwakilan dari jajaran masing-masing.

Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik menyambut baik kerjasama tanaman antara Pihak Koperasi Primer Tribun II Kopassus Kandang Menjangan dan LMDH Sejahtera dalam rangka kerjasama tanaman pisang dalam kawasan hutan.

“Kami berharap kerjasama tanaman di tahun 2020 ini dapat berjalan sesuai rencana dan masing-masing pihak mendapatkan manfaat bersama untuk juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar hutan,” tuturnya.

Ketua Koperasi Primer Koperasi Tribun II Kopassus Kandang Menjangan, Kapten CZi Mujahid Anwari menyampaikan terima kasih telah diberi kesempatan berkontribusi pada upaya mensejahterakan masyarakat desa sekitar hutan dan kelestarian hutan yang semoga dapat berjalan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Ketua LMDH Sejahtera, Wahidin pun sama-sama menyampaikan terima kasih kepada Perhutani KPH Pemalang yang telah memperhatikan kesejahteraan masyarakat desa hutan khususnya di Desa Peguyangan, Kecamatan Bantarbolang. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020