"Loading..."

Perhutani Tandatangani PKS Usaha Agroforestry dengan LMDH di Banten

BANTEN, PERHUTANI (07/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) kemitraan kehutanan Perhutanan Sosial Skema Kulin KK dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari Sejahtera berupa Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT) budidaya tanaman singkong, bertempat di kantor KPH Banten pada Rabu (06/01).

Obyek lokasi yang dikerjasamakan seluas 120 Ha terletak di petak 102 dan 103, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gunung Kendeng, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Malingping, Desa Cimayangray, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten.

Penandatangan PKS dilaksanakan oleh Administratur KPH Banten Noor Rochman, Ketua LMDH Wana Lestari Sejahtera Parid Ibnu Akhsin, dan Mitra Perum Perhutani sebagai Investor Tanaman Agroforestry, Pepep.

Administratur KPH Banten, Noor Rochman menyampaikan maksud dan tujuan penandatanganan ini adalah dalam rangka menunjang keberhasilan kelestarian hutan melalui partisipasi dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, meningkatkan daya dukung lahan yang menjadi objek kerjasama untuk memperoleh hasil dan manfaat yang optimal bagi perusahaan dan masyarakat, juga terjaminnya fungsi dan manfaat kawasan hutan dalam memenuhi aspek ekologi, sosial dan ekonomi bagi perusahaan dan masyarakat.

“Saya berharap semoga kerjasama ini akan meningkatkan pendapatan Perhutani sebagai BUMN sektor kehutanan dan juga dapat meningkatkan pendapatan LMDH yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar hutan sesuai dengan hak dan kewajiban yang telah disepakati bersama,” harapnya.

Sementara itu Ketua LMDH Wana Lestari Sejahtera, Parid Ibnu Akhsin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani KPH Banten yang telah memberikan kepercayaan kepada LMDH dan masyarakat sekitar hutan di wilayah Desa Cimayangray, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak.

“Semoga dengan adanya kerjasama budidaya tanaman singkong ini bisa meningkatkan pendapatan Perhutani, LMDH, dan masyarakat sekitar hutan. Mari kita bersama-sama menjaga serta merawat tanaman ini agar berhasil,”  pungkasnya. (Kom-PHT /Btn/AJB)

Editor : Ywn

Copyright©2021