"Loading..."

Perhutani Tasikmalaya dan Masyarakat Desa Bersama Bangun Hutan

POTO web PERHUTANI TASIKMALAYA DAN LMDH BANGUN KEBERSAMAAN PENGELOLAAN HUTANTASIKMALAYA, PERHUTANI (26/5) |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) membangun kebersamaan pengelolaan hutan di Wilayah kerja KPH Tasikmalaya, ini dilaksanakan di petak 38 RPH Cikalong BKPH Cikatomas, Kamis.

Administratur Perhutani Tasikmalaya, Henry Gunawan  menyampaikan bahwa  membangun kebersamaan ini dilakukan selain untuk menjaga sumber daya hutan, juga  mengawal program ketahanan pangan nasional. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa hutan melalui pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM).

Membangun kebersamaan  yang diwadahi PHBM ini, menurut Henry dapat  mendorong Indeks Pembangunan Manusia (IPM), agar masyarakat sekitar hutan merasakan manfaat  sumberdaya hutan pangkuan masing masing desanya.  Semua kegiatan kerjasama harus didasari pola kemitraan dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) Pengelolaan. Selain masyarakat desa hutan dapat sejahtera, dengan kebersamam ini diharapkan hutanpun dapat terjaga kelestariannya.

Ketua LMDH Mekarsari Endang menyampaikan dengan kebersamaan ini, diharapkan adanya keberlanjutan fungsi dan manfaat hutan bagi masyarakat Desa Hutan melalui PHBM ini masyarakat dapat melakukan penanaman di bawah tegakan dengan tidak menggangu tanaman pokok kehutanan, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat desa hutan jadi sejahtera. Hal ini juga untuk menopang katahanan pangan.

Kepala Desa Kubangsari Jumhari menyampaikan dukungannya, hal ini dalam upaya  mengamankan hutan di wilayah desa kami, selain itu juga masyarakat yang tergabung dalam LMDH merasakan tangung jawab terhadap hutan, sehingga hutan menjadi aman dan lestari. (Kom-PHT/Tsk/Asep JB).

Editor : Dadang K Rizal
Copyright ©2016