"Loading..."

Perhutani Terima 8 Mahasiswa Praktek Lapangan Asal IPB Bogor

SURAKARTA, PERHUTANI (18/1/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta menerima 8 mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam Praktik Lapang Kehutanan (PLK) di ruang Rapat Kantor KPH Surakarta, Senin (18/1).

Pelaksanaan PLK merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai kegiatan pengelolaan hutan di lapangan dan mampu mengidentifikasi tipe-tipe ekosistem hutan beserta komponennya, berikut interaksi pada proses di Indonesia. Dengan pengalaman praktik pengelolaan hutan dari pendalaman dan pemahaman implementasi teori, diharapkan dapat mengembangkan kemampuan teknis yaitu penerapan teori di lokasi praktik.

Hadir dalam pengarahan, Wakil Administratur KPH Surakarta Susilo Winardi, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Sumber Daya Hutan Oktavian Dwi, Kasi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) Juli Irahadi, Kepala Sub Seksi (KSS) Tanaman, KSS Perencanaan dan Mahasiswa IPB peserta PLK.

Mewakili Administratur KPH Surakarta, Wakil Administratur Susilo Winardi mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa IPB yang akan melaksanakan kegiatan PLK di KPH Surakarta selama 2 minggu mulai tanggal 18 Januari sampai dengan 30 Januari 2021.

“Rencana pelaksanaan akan dibagi menjadi dua tahap yaitu di kantor dan di lapangan sesuai dengan buku panduan dari kampus IPB. Kami akan berusaha menyajikan  data yang sekiranya dibutuhkan oleh teman-teman mahasiswa. Semoga PLK di lingkup kerja Perhutani KPH Surakarta dapat bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa terutama memperoleh pengalaman kerja di lapangan sesuai dengan bidang yang dipelajari,” ujarnya.

Koordinator PLK IPB, Almayda Daffa mengucapkan terima kasih kepada Perhutani KPH Surakarta yang telah bersedia memfasilitasi, mengarahkan, dan membagi pengetahuan dalam penyelesaian pekerjaan yang ada di Perhutani.

“Nantinya kami akan menerapkan ilmu yang didapat seperti pendampingan, pembinaan, persemaian, tanaman, produksi dan pelayanan terhadap masyarakat dengan semestinya,” pungkas Daffa. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2021