"Loading..."

Perhutani Terima Kunjungan Kerja Direktorat PHPL Kementerian LHK di Purworejo

KEDU SELATAN, PERHUTANI (11/11/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan terima kunjungan kerja Direktorat Jendral Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Kantor KPH Kedu Selatan dalam rangka evaluasi kinerja hak pengelolaan Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Selasa (10/11).

Administatur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto dalam sambutannya didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan (PSDH) dan Perhutanan Sosial, Ayurani Prasetyo menyampaikan bahwa implementasi PHPL khususnya di lingkup Perum Perhutani KPH Kedu Selatan sudah berjalan. “Dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan tim mengevaluasi aspek kelola, produksi, sosial dan lingkungan yang sudah terintegrasi dengan koridor aturan atau prosedur kerja yang berlaku di Perhutani dan sesuai indikator yang ditetapkan dalam PHPL,” jelas Yudha.

Tim Direktorat Usaha Hutan Produksi juga berkesempatan melakukan kunjungan ke beberapa obyek pengelolaan hutan KPH Kedu Selatan, tepatnya di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Purworejo, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Katerban antara lain cek pal batas, lokasi tebangan, KPS, Stasiun Pemantau Lingkungan Curah Hujan, sarana perlindungan kebakaran hutan, Pengelolaan Lahan Dibawah Tegakan HMT dan wana wisata Hutan Pinus Kalilo.

Ketua Tim Evaluasi Kinerja Hak Pengelolaan, Rotax Susetyo menyampaikan nilai kinerja PHPL Kedu Selatan berdasarkan audit eksternal sudah baik dan berharap KPH Kedu Selatan tetap mempertahankan pengelolaan hutan yang sudah berjalan dengan baik dan ditingkatkan lebih baik lagi. Namun demikian diharapkan juga pengelolaan hasil hutan bukan kayu seperti produksi getah suatu saat nanti juga bisa mendapatkan V-legal sehingga ada perlindungan terhadap asal usul hutan non kayu di pasar dunia. “Ini yang menjadi bahan evaluasi kita bersama,” pungkasnya. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn

Copyright©2020