"Loading..."

Perhutani Terima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI di Orchid Forest, Bandung

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (05/12/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara menyambut baik kegiatan kunjungan kerja spesifik bidang pariwisata Komisi X DPR RI ke kawasan wana wisata Orchid Forest, Bandung, Jumat (4/12).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf bersama sejumlah anggota Komisi X DPR RI, Administratur KPH Bandung Utara Komarudin, perwakilan pejabat Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Barat, perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bandung Barat dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bandung Barat.

Dalam sambutannya, Administratur KPH Bandung Utara, Komarudin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi X DPR RI serta para pejabat pemerintah pusat ke kawasan wisata Perhutani KPH Bandung Utara yakni Orchid Forest. Ia berharap kunjungan ini bisa berdampak lebih baik lagi untuk mengembalikan perekonomian masyarakat sekitar hutan di sektor wisata setelah sebelumnya sempat menurun akibat pandemi covid-19.

“Kami bersyukur dengan adanya arahan dari Bupati Kabupaten Bandung Barat mengenai pembukaan kembali objek wisata pada bulan Juni lalu perlahan bisa menghidupkan kembali perekonomian masyarakat sekitar hutan. Seperti diketahui, keberadaan wisata alam hutan lindung ini mempunyai multiplier effect bagi masyarakat yang banyak bergantung kehidupan perekonomiannya di sini,” jelasnya.

Komarudin menambahkan bahwa sejak dibuka kembali, wana wisata Orchid Forest telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, dengan luas sekitar 12 hektar, memungkinkan bagi para pengunjung bisa beraktifitas dengan leluasa tanpa berdesakan. Bahkan, anjuran dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup pun merekomendasikan agar masyarakat berwisata ke area bernuansa alam terbuka khususnya hutan. Sebab, di sana banyak manfaat yang bisa didapat.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menyatakan bahwa berdasarkan pantauannya terhadap wana wisata Orchid Forest sudah menerapkan standar protokol kesehatan yang baik, tinggal bagaimana kedepannya lebih diperketat lagi terutama menjelang libur pergantian tahun mendatang.

“Pengelola harus lebih ketat lagi agar pengunjung disiplin menerapkan protokol kesehatan di area lokasi wisata. Jangan sampai ada yang masih terlihat tidak menjaga jarak aman apalagi tidak menggunakan masker. Sebab, selain ekonomi faktor kesehatan pun harus diutamakan,” paparnya. (Kom-PHT/Bdu/Aep)

Editor : Ywn
Copyright©2020