"Loading..."

Perhutani Terima Kunjungan Monev RHL Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy di Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI (12/06/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya menerima kunjungan kerja Kepala BPDASHL Cimanuk–Citanduy Rukma Dayadi  beserta Tim yang bertujuan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi tanaman RHL tahun tanam 2019 (P 1) dan persiapan tanaman RHL tahun 2020 (P 0), Kamis (11/06).

Dalam kunjungannya Kepala BPDASHL didampingi Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko beserta jajaran manajemen, Perwakilan dari Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VI  Kabupaten Tasikmalaya Eman dan Sukenda  dan Kepala Desa Parentas merangkap Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gunung Siang Andi Ramdani.  Kunjungan dilakukan ke Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cigalontang dan RPH Leuwisari Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna dan RPH Taraju BKPH Taraju.

Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dan  amanat  pemerintah dalam melaksanakan program kegiatan tanaman RHL di KPH Tasikmalaya, dengan keluasan tahun tanam 2019 (P0) seluas 468,84 ha dan tahun 2020 (P0) seluas 219,19 ha dengan jenis tanaman sesuai keinginan masyarakat yakni jenis Multi Purpose Tree Species (MPTS) seperti nangka, kopi, suren, pinus, petai, jengkol, sukun dan sirsak.

“Kedepannya tanaman tersebut akan kami rawat, pelihara dan menjaganya secara bersama-sama, sehingga memberi manfaat bagi masyarakat. dan juga diharapkan ada kontribusi penghasilan bagi Perum Perhutani,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPDASHL Cimanuk–Citanduy, Rukma Dayadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Perhutani serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan RHL dan mengharapkan agar tanaman yang ada dirawat dan dijaga dengan baik.

“Tanaman sudah terlihat tumbuh baik dan subur, mohon untuk dipelihara, dirawat dan dijaga dengan baik. Dan harus jadi, tidak boleh tidak jadi, sehingga kelak bisa memberi manfaat kepada masyarakat sekitar,” pesannya.

Ungkapan senada disampaikan Kepala Desa Parentas yang juga menjabat sebagai Ketua LMDH Gunung Siang, Andi Ramdani menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran BPDASHL Citanduy Citarum yang sudah memfasilitasi untuk terselenggaranya kegiatan tanaman RHL 2019 dan 2020, juga pada Perhutani yang selalu mendampingi, memberi pembinaan, dan mengakomodir keinginan masyarakat sekitar hutan dalam pelaksanaan kegiatan penanaman RHL.

“Selama ini kami berupaya berpikir bagaimana caranya bisa ikut menjaga kelestarian hutan, tetapi ada penghasilan bagi kami, dan sekarang telah terealisasi  dengan diberi kesempatan bisa menanam tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dengan adanya tanaman buah-buahan dan kopi ini,” ungkapnya.

Mewakili masyarakat sekitar hutan, Andi berjanji akan merawat memelihara dan menjaga tanaman yang sudah ditanam dengan baik supaya dapat dirasakan manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat dimasa yang akan datang.  (Kom/PHT/Tsk/Uwa)

Editor : Ywn

Copyright©2020