"Loading..."

Perhutani Terima Kunjungan Tim Direktorat Usaha Hutan Produksi KLHK

SUKABUMI, PERHUTANI (09/03/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi menerima kunjungan Tim Direktorat Usaha Hutan Produksi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Cianjur pada Senin (08/03).

Hadir dalam acara Administratur KPH Sukabumi Asep Setiawan, Kepala Seksi Perencanaan Hutan Wilayah II (KPHW) Cianjur, Arif Margana, Kepala Sub Direktorat Rencana Kerja Usaha dan Produksi Hutan Tanaman KLHK, C. Hendro Widjanarko, Kepala Seksi Direktorat Rencana Kerja Usaha dan Produksi Hutan Tanaman I KLHK, F. Yhani Saktiawan.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penilaian dan persetujuan Rencana Pengaturan Kelestarian Hutan (RPKH) di Perum Perhutani KPH Sukabumi. Tim KLHK berkesempatan untuk melihat secara langsung kegiatan pengelolaan hutan bidang kegiatan tanaman Biomassa jenis Kaliandra di petak 55a, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Hanjuang Timur, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lengkong.

Asep Setiawan menjelaskan bahwa luas tanaman Biomassa yang sudah ditanam seluruhnya seluas 3.049 hektar yang terdiri dari tanaman tahun 2019 seluas 1.000 hektar dan tahun 2020 seluas 2.049 hektar, serta rencana tanaman tahun 2021 seluas 1.517 hektar dengan jenis Gamal dan Kaliandra.

“Secara keseluruhan, kondisi tanaman yang sudah kita tanam di tahun 2019 dan tahun 2020 dengan hasil evaluasi tanaman mempunyai presentase tumbuh 94,66 %, sedangkan riap rata-rata jenis Gamal 4 cm/tahun dan Kaliandra 3 cm/tahun,“  jelas Asep.

Sementara itu C. Hendro Widjanarko menyampaikan terima kasih kepada Perhutani dan dukungannya terhadap konsep tanaman Biomassa dengan pola 70 : 30, yaitu 70%  tanaman Biomassa dan 30% lahan untuk pertanian.

“Terima kasih kepada Perhutani yang telah melaksanakan program tanaman biomassa dengan baik, diharapkan kedepan agar selalu mengekspos kegiatan tanaman Biomassa yang berpola kemasyarakatan ini, sehingga mendapat dukungan dari semua stakeholder, dan perlunya kemitraan yang baik dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan,” ujarnya. ( Kom-PHT/Skb/Tfk)

Editor : Ywn
Copyright©2021