"Loading..."

Perhutani Terima Siswa SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang Praktek Lapang

KEDIRI, PERHUTANI (3/3/2021) | Sebanyak 19 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Rimba Taruna Rembang Jawa Tengah melaksanakan praktek kerja lapangan di wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri (3/3).

Dalam praktek kerja lapangan yang akan berlangsung selama empat bulan tersebut, para siswa akan belajar tentang proses produksi kayu, produksi getah pinus, Agroforestry dan wisata yang kegiatannya ditempatkan di tiga wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) yaitu BKPH Tulungagung, BKPH Kediri dan BKPH Pace.

Rombongan siswa-siswi SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah Suwito Harahap diterima oleh Administratur KPH Kediri A. Fadjar Agung Susetyo didampingi oleh Kasi Kelola SDH & Perhutanan Sosial Giman di Aula Kantor Perhutani KPH Kediri.

Dalam kesempatan tersebut A. Fadjar Agung Susetyo menyampaikan selamat datang kepada rombongan SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang. “Saya sampaikan terima kasih dan menyambut baik atas pilihan praktek lapangan di KPH Kediri sebagai satuan unit kerja yang termasuk tipe KPH rimba yang sudah menerapkan prinsip pengelolaan hutan lestari,” ujarnya.

Fadjar menambahkan, bahwa di KPH Kediri juga terdapat pabrik pengolahan getah pinus, sehingga para siswa bisa melihat dari dekat pengolahan getah pinus menjadi gondorukem dan terpentin.

Sementara itu Suwito Harahap selaku Kepala Sekolah SMK Rimba Taruna dalam sambutannya mengatakan bahwa program tersebut bertujuan mempersiapkan siswa-siswi agar menguasai teknologi produksi kayu, getah pinus dan lainnya dalam bidang kehutanan. Ia juga berharap para siswa juga dapat belajar dan mempraktekkan kegiatan persemaian, tanaman, tebangan beserta proses administrasinya. (Kom-PHT/Kdr/Ton)

Editor : Ywn

Copyright©2021