"Loading..."

Perhutani Tinjau Kegiatan KUPS LMDH Sumber Rejeki di Jatirogo

JATIROGO, PERHUTANI (19/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo dampingi tim Kantor Pusat Direksi Perhutani melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Rejeki Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban, Rabu (18/11).

Kepala Departemen Perhutanan Sosial Isnin Soiban selaku Tim Monev KUPS Kantor Pusat mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengidentifikasi dan menentukan klasifikasi sebagai acuan memberikan pendampingan kepada mitra kerja yang terwadahi di kelembagaan LMDH agar dapat mengembangkan usaha budidaya porang, peternakan, agroforestry, wisata alam, dan usaha produktif lainnya.

Tim Monev KUPS Kantor Pusat diterima oleh Administratur Perhutani KPH Jatirogo Panca Sihite yang dalam kesempatan itu ia mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan pendampingan kepada LMDH khususnya yang sudah menerima SK Perhutanan Sosial untuk membentuk KUPS.

“Saya sudah menugaskan kepada Asisten Perhutani (Asper) dan jajaran dibawahnya yakni Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan memberikan pendampingan LMDH dalam menyusun rencana kerja usaha (RKU) dan rencana kerja tahunan (RKT) setelah itu membentuk KUPS,” ujarnya.

Sementara itu tim monev KUPS Kantor Pusat, Isnin Soiban dalam kesempatan tersebut menyampaikan sosialisasi dan pembinaan terkait pelaksanaan perhutanan sosial sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) nomor P.83 tahun 2016 tentang Perhutanan Sosial yang pelaksanaan cenderung menggunakan skema kemitraan kehutanan dan Permen LHK nomor P. 39 tahun 2017 tentang Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial  (IPHPS).

“Agar ada pendampingan dari Perhutani dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) dalam pembentukan KUPS. Asper dan KRPH dapat bekerjasama dengan LMDH setempat untuk menyusun RKU dan RKT, setelah itu membentuk KUPS,” imbuhnya.

Usai sosialisasi tersebut kegiatan dilanjutkan peninjauan lapangan oleh Kepala Departemen Perhutanan Sosial Isnin Soiban yang didampingi oleh tim percepatan Perhutanan Sosial KPH Jatirogo ke LMDH Sumber Rejeki untuk melihat langsung kegiatan KUPS antara lain peternakan Sapi, KUPS agroforestry dan KUPS Wisata. (Kom-PHT/Jtr/Gn)

Editor : Ywn

Copyright©2020