"Loading..."

Perhutani Tinjau Kelompok Usaha Perhutanan Sosial di Semarang

SEMARANG, PERHUTANI (26/11/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Semarang bersama Tim Direksi dan Tim Divisi Regional Jawa Tengah meninjau Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) pada 2 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berada di wilayah KPH Semarang, Selasa (24/11).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) tersebut dihadiri oleh Kepala Departemen Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial Perhutani Mulyadi, Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Perhutanan Sosial (PSDH&PS) KPH Semarang Subhan, Ketua LMDH Cemoro Sewu Tukiman dan Ketua LMDH Wargo Manunggal Wana Lestari.

Tim mengunjungi LMDH Cemoro Sewu Desa Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang dengan bidang usaha berupa Wisata Rintisan, setelahnya dilanjutkan ke LMDH Wargo Manunggal Wana Lestari Desa Jragung, Kecamatan Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak dengan bidang usaha Agroforestry dan Wisata Rintisan.

Kegiatan monev KUPS dilakukan guna mengetahui aktivitas dan perkembangan kegiatan juga memberikan pendampingan dan motivasi, menghimpun permasalahan dan merumuskan solusi pengembangan usaha di tapak.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Departemen Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial Direksi Perhutani Mulyadi mengatakan bahwa monitoring ini sesuai Perdirjen PSKL No P.2/PSKL Tahun 2018 tentang Pedoman Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial.

Dijelaskan beberapa tipe dalam pendampingan KUPS itu sendiri antara lain tipe Gold yaitu kegiatan pendampingan pada KUPS yang telah berhasil dalam pembinaan pada aspek kelembagaan, kawasan dan usaha.  Silver yaitu kegiatan pendampingan pada KUPS yang baru berhasil dalam pembinaan pada aspek kelembagaan dan kawasan. Blue yaitu kegiatan pendampingan pada KUPS yang telah berhasil dalam pembinaan pada aspek kelembagaan. Dan Platinum yaitu kegiatan pendampingan pada KUPS yang telah memiliki pasar yang luas baik skala nasional maupun internasional.

“Saya berharap LMDH yang ada di KPH Semarang akan lebih maju lagi dalam mengembangkan usahanya,” ungkap Mulyadi.

Sementara itu, baik Ketua LMDH Cemoro Sewu, Tukiman maupun Ketua LMDH Wargo Manunggal Wana Lestari Jati Lestari, M Sony, sama-sama mengungkapkan rasa bangga dengan adanya monitoring dan pendampingan dari Tim Direksi.

“Kami merasa termotivasi untuk dapat mengembangkan usaha dengan lebih baik lagi,” ungkap Tukiman. (Kom-PHT/Smg/Ad)

Editor : Ywn
Copyright©2020