"Loading..."

Perhutani Tutup Pelatihan Pendidikan Karakter SMK Kehutanan Taruna Rimba

KEBONHARJO, PERHUTANI (09/04/2021) | Bertempat di Gedung Kesambi, Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo, Joko Santoso secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Pendidikan Karakter Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Rimba Taruna Sedan yang telah dilaksanakan selama 3 bulan, Kamis (08/04).

Penutupan dilakukan secara simbolis dengan melepas Tanda Peserta Pelatihan pada perwakilan siswa. Kegiatan telah diikuti oleh 14 siswa dari kelas Sepuluh (X) sejak bulan Februari hingga April 2021 dengan praktek lapangan di seluruh Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) wilayah KPH Kebonharjo.

Turut hadir dalam acara tersebut Purna Dewan Pengawas Perhutani Haryadi Himawan, Kepala SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan Suwito Harahap bersama para tenaga pendidik.

Administratur KPH Kebonharjo, Joko Santoso dalam sambutannya menyampaikan bahwa praktek di lapangan ditekankan dengan pengenalan lingkungan yang kemudian dilanjutkan dengan praktek bidang kehutanan lainnya.

“Dengan pengenalan lingkungan diharapkan siswa dapat memahami dan mencintai lingkungan. Semoga kegiatan ini dapat membentuk para siswa menjadi sosok rimbawan yang berkarakter,” katanya.

Sebelum pelatihan resmi ditutup, Purna Dewan Pengawas Perhutani Haryadi Himawan sempat memberikan kuliah umum. Ia berpesan kepada siswa-siswi SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan sebagai forester muda agar mempersiapkan diri dengan bekal keimanan, pengetahuan dan keterampilan.

”Jadi harus tetap semangat, tidak boleh putus asa, tidak boleh ‘nglokro’, karena dengan semangat itu dapat memotivasi untuk menjadi lebih maju lagi,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan, Suwito Harahap menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Perhutani KPH Kebonharjo.

”Kami atas nama sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Perhutani KPH Kebonharjo yang telah memberikan bimbingan kepada siswa-siswi kami untuk melaksanakan program Pendidikan Karakter. Semoga ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini bermanfaat dan dapat membentuk generasi muda menjadi rimbawan yang jujur, disiplin dan berdedikasi,” harapnya. (Kom-PHT/Kbh/Sol)

Editor : Ywn
Copyright©2021