"Loading..."

Perhutani, Wabup Kuningan, dan Gema Jabar Hejo Tanam Ribuan Pohon Bersama

KUNINGAN, PERHUTANI (28/12/2020) | Bersamaan dengan datangnya musim penghujan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan bersama para penggiat lingkungan yang tergabung dalam Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan melakukan kegiatan penanaman sebanyak 1.000 bibit pohon beragam jenis yaitu Picung, Suren, Gmelina, Sengon dan sebagainya di petak 57b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ciangir, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cibingbin, KPH Kuningan, Minggu (27/12).

Acara tersebut diikuti oleh Administratur KPH Kuningan Mamun Mulyadi, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, Danramil Kecamatan Cibingbin M. Kafidin, Kapolsek Cibingbin Ame Heryawan, Camat Cibingbin Imas, Kepala Desa Ciangir Rahmat, Ketua Penggiat Gema Jabar Hejo Daeng Ali beserta anggota 30 orang, anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mekar Rahayu sebanyak 12 orang dan masyarakat sebanyak 46 orang.

Dalam sambutannya Administratur KPH Kuningan Mamun Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada para penggiat  lingkungan yang tergabung dalam Gema Jabar Hejo yang turut serta dalam mewujudkan hutan lestari sehingga bermanfaat di masa depan.

“Eksistensi kawasan hutan sangat penting sebagai penyangga kehidupan untuk perlindungan dan konservasi, dan bisa dimanfaatkan untuk generasi yang akan datang. Saya mengajak semua pihak agar turut mewujudkan hutan lestari dengan mengelola hutan untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dengan semangat gotong royong,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda mengungkapkan menanam pohon adalah salah satu cara untuk menyelamatkan masa depan. Masyarakat modern bukan hanya berhubungan dengan teknologi saja atau industrialisasi yang pada akhirnya akan merusak lingkungan.

“Penduduk perkotaan juga harus peduli dengan alam sekitar, oleh karenanya masyarakat kota harus berterima kasih kepada LMDH yang ada dan luar biasa masih mau menjaga kelestarian hutan,”ungkapnya.

Selanjutnya Ridho mengajak semua pihak untuk menyelamatkan hutan dengan melakukan penanaman pohon di lingkungannya.

“Mulai saat ini, saya mengajak mari tetap selamatkan hutan kita, selamatkan mata air dengan menanam, dan selamatkan masa depan bumi yang tercinta ini, apalagi Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi,” ajaknya. (Kom-PHT/Kng/Ddi)

Editor : Ywn

Copyright©2020