"Loading..."

Peringati Hari Bakti Rimbawan, Perhutani Ikuti Aksi Penanaman Pohon Bersama

FOKUSPRIANGAN.COM (17/03/2019) | Bersama sejumlah elemen masyarakat, Perhutani KPH Bandung Utara dan KPH Bandung Selatan ikuti aksi penanaman pohon di Blok Pasir Jebug Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Sabtu (16/3/2019). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Provinsi Jawa Barat dalam rangka hari bakti rimbawan.

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengatakan sesuai dengan arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahwa peringatan hari bakti rimbawan dicanangkan pada setiap tanggal 16 Maret serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Dalam moment tersebut ada sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan.

“Berkenaan dengan moment ini kami telah melaksanakan event olahraga, selanjutnya kami ikut aksi penanaman pohon bersama di beberapa titik lokasi dan hari Senin nanti kami akan melaksanakan upacara peringatan hari bakti rimbawan,” katanya.

Komarudin menyebutkan untuk penanaman pohon pihaknya ikut melaksanakan aksi tersebut di beberapa titik lokasi. Seperti di wilayah sekitar kawasan hutan BKPH Manglayang Barat, BKPH Lembang dan BKPH Padalarang.

“Kami harap aksi penanam pohon ini bisa menginspirasi sekaligus menjadi contoh bagi masyarakat. Sehingga, nantinya bisa tergugah dan ikut serta dalam menjaga lingkungan,” harapnya.

Komarudin mengungkapkan berkaitan dengan hari bakti rimbawan sebelumnya Menteri LHK juga menekankan pentingnya penerapan sembilan dasar nilai rimbawan. Yakni jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerjasama dan profesional.

“Kita menyadari beratnya tantangan dalam menjalankan tugas rimbawan di lapangan. Oleh sebab itu, sebagai rimbawan harus memiliki 9 dasar nilai tersebut,” pesannya.

Terpisah, Koordinator Penyuluh Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Provinsi Jawa Barat Maryanto menuturkan khusus mengenai kegiatan penanaman pohon di wilayah Kecamatan Cilengkrang ini melibatkan berbagai elemen masyarakat. Mulai dari Bupati Kabupaten Bandung, Perhutani KPH Bandung Utara dan KPH Bandung Selatan, unsur Muspika, Karang Taruna, Komunitas Satapok dan banyak lagi.

“Kami siapkan 3.200 bibit dengan berbagai jenis pohon dalam kegiatan ini. Seperti pohon kayu manis, suren, manglis dan lain sebagainya,” sebutnya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan menyatakan gerakan penanaman pohon ini sangat bermanfaat baik untuk saat ini maupun generasi yang akan datang. Sebab, selain nilai ekonomis yang luar biasa, pohon juga memberikan dampak yang baik bagi kehidupan.

“Di wilayah Manglayang ini misalnya. Di sini budidaya kopinya sudah tidak diragukan lagi. Dengan ditanamnya pepohonan forestik di lahan kritis nantinya juga bisa dimanfaatkan menjadi budidaya lebah madu. Sehingga, kedepan bisa dihasilkan produk kopi madu di sini,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bandung Dadang Naser dalam moment hari bakti rimbawan ini pun mendorong semua elemen masyarakat turut aktif dalam menjaga lingkungan. Terutama dalam halnya penanaman pohon.

“Saya teringat sabda nabi yang mengatakan meskipun besok langit runtuh atau kiamat sementara ditanganmu ada sebutir biji kurma (tumbuhan) maka tanamlah. Sebab itu akan menaungimu dari siksa neraka di akhirat kelak. Hadist ini memberikan spirit bagi kita untuk giat aktif menanam pohon karena itu bagian dari ibadah juga,” paparnya.

Sumber : fokuspriangan.com

Tanggal : 17 Maret 2019