"Loading..."

Peringati Hari Bakti TNI, Perhutani dan Kodim 0718 Lakukan Penanaman Bersama di Pati

PATI, PERHUTANI (30/12/2020) | Dalam rangka Hari Bakti TNI, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0718/Pati melaksanakan kegiatan penanaman bersama dengan berbagai jenis tanaman seperti alpukat, petai, mangga, dan jambu sebanyak 600 bibit di petak 94 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gayam, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tambakromo, Selasa (29/12).

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Pati Edrian Sunardi, Dandim 0718/Pati Adi Ilham Zamani, Batalyon Kompi C Yonif 410/Alugoro, Koramil Tambakromo, Camat, Polsek dan Ikatan Istri Karyawan Perhutani (IIKP) BKPH Tambakromo.

Administratur KPH Pati, Edrian Sunardi dalam sambutannya mengatakan bahwa penanaman bersama ini bertujuan untuk menghijaukan lereng pegunungan Kendeng sebagai upaya mencegah terjadinya tanah longsor dan banjir khususnya untuk menambah serapan air, sehingga air hujan tidak menjadi aliran run off  yaitu air hujan yang langsung turun ke tanah. Ia juga sedikit menerangkan bahwa tanaman yang ditanam adalah jenis buah-buahan, karena nantinya diharapkan hasil buahnya dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar hutan.

“Semoga anak cucu kita bisa menikmati dan memahami fungsi hutan sehingga tumbuh rasa kepedulian yang tinggi untuk melestarikannya sebagai tanggung jawab bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0718/Pati, Adi Ilham Zamani juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan penanaman bersama ini.

“Kami berharap masyarakat yang memanfaatkan lahan Perhutani juga dapat turut serta merawat dan menjaga tanaman yang sudah ada sehingga tercipta iklim yang sejuk serta hutan menjadi lestari,” pungkasnya. (Kom-PHT/Pti/Gto)

Editor : Ywn

Copyright©2020