"Loading..."

Peringati Hari Bumi, Perhutani Ajak Mapala Akatirta Tanam Pohon Di Gunung Andong

KEDU UTARA, PERHUTANI ( 20/04/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara bersama Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Akademi Teknik Tirta Wiyata (Akatirta) melakukan kegiatan penanaman pohon di petak 28 J Gunung Andong, pada Jumat (19/04). Kegiatan penanaman ini dilakukan dalam rangka menyambut Peringatan Hari Bumi pada tanggal 22 April 2019 dan bertujuan untuk konservasi dan melestarikan alam.

Beberapa jenis pohon yang ditanam diantaranya beringin, kayu manis/keningar, rasamala, damar, jambu air, wuni, sirsat dan bintami. Pemilihan jenis beringin dan rasamala diharapkan dapat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya sebagai penyangga sumber air dimana akarnya dapat menampung dan menyimpan air, sedangkan pohon wuni dan sirsat bermanfaat sebagai sumber makanan bagi hewan, selain itu ada pohon jambu yang dapat dimanfaatkan buahnya oleh para pendaki yang melewatinya .

Ketua Mapala Akatirta, Muhammad Irfan Habibi  menjelaskan, “Kegiatan ini kami kerjasamakan dengan Perhutani KPH Kedu Utara dan pihak basecamp Taruna Jaya Giri Gunung Andong. Aksi penanaman pohon ini dilakukan untuk menjaga kelestarian alam Gunung Andong,”ujarnya.

Administratur Perhutani Kedu Utara melalui Asisten Perhutani Ambarawa, Arif Dwi Haryanto memyampaikan pesan bahwa Perhutani memberikan apresiasi dan terimakasih pada Mapala Akatirta atas partisipasi dan kepedulian pada lingkungan hutan, serta berharap agar dapat selalu menggandeng pihak lain dalam setiap kegiatan baik penghijauan dan peduli lingkungan.(kom-pht/kdu/ant)

Editor : Ywn

Copyright©2019