"Loading..."

Peringati Hari Jadi Perhutani ke-58, Perhutani Mojokerto Bagikan Bibit Tanaman Hutan

MOJOKERTO, PERHUTANI (29/03/2019) | Peringati hari jadi Perhutani ke-58, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto adakan serangkaian kegiatan yakni pemberian bibit gratis kepada masyarakat pengguna jalan di sekitar kantor KPH Mojokerto dan sosialisasikan Perhutanan Sosial pada Jum’at (29/3).

Pembagian bibit gratis tersebut dipimpin langsung Administratur Perhutani KPH Mojokerto Suratno dan diikuti oleh segenap jajarannya. Bibit yang dibagikan antara lain jenis kayu putih, jati dan mahoni. Total bibit yang dibagikan sebanyak 500 plances.

Menurut Suratno, kegiatan membagikan bibit gratis itu dalam rangka memperingati hari jadi Perhutani ke-58 yang jatuh tanggal 29 Maret, tujuannya supaya masyarakat dapat menanam tanpa harus membeli bibit.

“Selain memberikan bibit kepada masyarakat, Perhutani juga memberikan tali asih kepada beberapa anggota Himpunan Pensiunan Kehutanan (HPK) dan janda karyawan Perhutani KPH Mojokerto”, ungkapnya.

Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) Kemitraan Kehutanan dengan delapan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berada di petak 4B, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukorame, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bluluk, Desa Sukorame, Kabupaten Lamongan dan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi Perhutanan Sosial Skema Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) oleh Tim Verifikasi Perhutanan Sosial.

Tim sosialisasi terdiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) XI Yogyakarta, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Pokja Percepatan Perhutanan Sosial (PPS) Jawa Timur yang dihadiri Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi Kehutanan Viva Yoga Mauladi.

Dalam sambutannya Viva Yoga memberikan pemahaman kepada LMDH akan manfaat serta kewajiban dalam menjalankan progran Kulin KK.

“Dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Kulin KK ini bisa digunakan LMDH untuk mengakses bantuan dari pemerintah seperti bantuan benih, subsidi pupuk dan sebagainya”, ucap Yoga. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

 
Editor : Ywn
Copyright©2019