"Loading..."

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Perhutani Tanam Pohon Bersama BEM UNSIL Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI (30/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Siliwangi (UNSIL) Tasikmalaya dan Stakeholder Kota Tasikmalaya memperingati Hari sumpah Pemuda yang ke-92 dengan melakukan penanaman pohon pada lokasi tanaman tahun 2020 petak 6f Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukaraja, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna, Rabu (28/10).

Bertemakan Bersatu dan Bangkit, memaknai hari sumpah pemuda ke-92 diaplikasikan oleh pemuda pemudi yang tergabung dalam BEM Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Tasikmalaya dengan menanam pohon jenis jati dan mahoni di kawasan hutan demi mempertahankan kelestarian hutan dan lingkungan untuk kebaikan dan kemanfaatan di masa mendatang.

Acara tersebut dikuti oleh Wakil Administratur KPH Tasikmalaya Yuyu Rahayu, Ketua BEM FAI UNSIL Moch Faqih Ibrahim, Camat Kawalu Rusani, Lurah Urug Iiwan, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Saronge Dedi Damara beserta anggotanya, karyawan karyawati perhutani KPH Tasikmalaya, serta puluhan mahasiswa.

Dalam sambutannya Administratur KPH Tasikmalaya melalui Wakilnya Yuyu Rahayu menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas inspirasi dan semangat mahasiswa yang peduli akan kelestarian alam dan lingkungan sekitar. Ia berharap kegiatan tersebut ke depannya jadi program rutin buat BEM FAI UNSIL Tasikmalaya.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini menjadi inspirasi positif bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan peduli akan pentingnya kelestarian alam dan ikut menjaga dan memperhatikan keberlangsungan ekosistem dalam hutan,” ungkapnya.

Yuyu menambahkan kegiatan serupa sudah biasa dilakukan secara rutin oleh Perhutani KPH Tasikmalaya diantaranya mengadakan penanaman dan penyulaman di lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di wilayah RPH Leuwisari BKPH Singaparna dengan jenis Tanaman nangka dan suren bersama anggota LMDH dan kegiatan program penanaman Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) di lokasi hutan pantai Cidadap Karangnunggal dengan jenis Cemara laut.

Sementara itu Ketua BEM FAI UNSIL Tasikmalaya, Moch Faqih Ibrahim  mengucapkan terima kasih atas kesiapan, motivasi, fasilitas yang diberikan oleh Perhutani dan stakeholder Kota Tasikmalaya sehingga kegiatan ini terselenggara dengan sukses.

“Melalui acara ini bagi kami bisa menambah ilmu pengetahuan tentang lingkungan dan pentingnya menjaga kelestarian hutan, melatih jiwa korsa, rasa peduli, dan motivasi untuk menjadi lebih baik. Harapan kami kerjasama  antara mahasiswa dengan Perhutani semakin erat dan saling mendukung dalam menjaga kelestarian alam,” jelasnya. (Kom-PHT/Tsk/UWA)

Editor : Ywn
Copyright©2020