"Loading..."

Peringati Hari Tunas, Perhutani Bersama CDK dan Saka Wanabakti Hijaukan Buper Karangsari Park

MANTINGAN, PERHUTANI (09/03/2021) | Memperingati Hari Tunas, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah I dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Rembang menanam bibit buah-buahan di Bumi Perkemahan (Buper) Karangsari Park, Desa Sudo, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Selasa (09/03).

Kegiatan dalam upaya penghijauan Bumi Perkemahan ini dihadiri oleh Wakil Administratur KPH Mantingan yang juga selaku Ketua Harian Saka Wanabakti Cabang Rembang Dwi Anggoro Kasih, Koordinator CDK Wilayah I Rembang Sumanto, Ketua Kwarcab Rembang Wartono, Pramuka Penegak dari Saka Wanabakti, Pembina dan Pamong Saka se-Kwarcab Rembang.

Administratur KPH Mantingan lewat Wakilnya, Dwi Anggoro Kasih dalam kesempatan itu mengatakan bahwa dalam rangka Hari Tunas 9 Maret 2021, Perhutani bersama-sama berupaya melakukan penghijauan, salah satunya di area perkemahan Bumi Karangsari Park.

“Pada bulan Desember 2020 kami juga sudah menyumbangkan bibit tanaman keras berupa mahoni sebanyak 1.000 batang untuk ditanam di pinggir batas kawasan bumi perkemahan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar Desa Sudo,” jelas Dwi.

Koordinator CDK wilayah I Rembang, Sumanto mengatakan pihaknya terus bermitra bersama Perhutani dan Gerakan Pramuka Kwarcab Rembang untuk terus melakukan penanaman dan menghijaukan lingkungan agar tetap asri, indah, bersih dan sehat.

“Di peringatan hari tunas kali ini, sebanyak 260 bibit bantuan CDK juga sudah ditanam, yakni 10 plances Durian, 100 plances aren, 100 plances alpukat, 15 plances johar, 25 plances sirsat, 10 plances  asam,” jelas Sumanto.

Sejak tahun 2000, Perhutani dan Penyuluh Kehutanan Lapangan (PKL) terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar hutan untuk menghijaukan hutan rakyat. Sumanto berharap, adik-adik Pramuka baik dari satuan Karya dan Gugus Depan dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga lingkungan dan melestarikan hutan, sesuai dengan Dasa Darma ke 3 yaitu “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.

Ketua Kwarcab Bidang Bina Muda, Wartono mengapresiasi Perhutani melalui Saka Wanabakti serta CDK Wilayah I. Ia berharap Bumi Perkemahan Karangsari Park menjadi wahana pembelajaran dan Wisata Edukasi pilihan untuk semua generasi. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn
Copyright©2021