"Loading..."

Peringati HMPI 2020, Perhutani, Saka Wanabakti, dan CDK IX Tanam Pohon Bersama di Indramayu

INDRAMAYU, PERHUTANI (28/11/2020) | Menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2020, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Indramayu bersama Saka Wanabakti Kwartir Cabang (Kwarcab) Indramayu dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) IX Kabupaten Indramayu melakukan penanaman pohon di petak 67 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pabean Ilir, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Indramayu yang masuk Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Sabtu (28/11).

Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain Bakau 750 batang, Mahoni 370 batang, Jati 250 batang, Albacia 90 batang, dan Ketapang 40 batang. Pelaksanaan penanaman disesuaikan dengan titik lokasi yang akan ditanami karena dibagi menjadi wilayah pesisir dan darat.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Perhutani (Asper) BKPH Indramayu Heri Wahyono, Ketua Kwarcab Indramayu Yayan Mulyantoro, perwakilan CDK wilayah IX Musa Musaffa, anggota Pramuka Saka Wanabakti, anggota Pramuka Peduli dan anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Dalam pesannya Administratur KPH Indramayu, Asep Saepudin melalui Asper BKPH Indramayu, Heri Wahyono mengatakan bahwa dengan bertambahnya pohon dapat mengurangi abrasi pantai dan akan menambah jumlah oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

“Selain menghijaukan wilayah ini, program penanaman pohon dalam rangka HMPI 2020 juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana alam,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Kwarcab Indramayu, Yayan Mulyantoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Perhutani dan CDK IX atas lokasi dan bantuan bibit untuk kegiatan HMPI di Indramayu, sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan baik.

“Semoga apa yang kita kerjakan hari ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. Dan dengan penanaman ini selain menjaga pesisir pantai dari abrasi, kelak juga dapat dijadikan obyek wisata alam untuk mendorong kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Kom-PHT/Idr/SH)

Editor : Ywn
Copyright©2020