"Loading..."

Pinus Sewu Disulap Jadi Tempat Wisata

SUARAMERDEKA.COM, WONOGIRI (24/5) | Warga Desa Jeporo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri telah memoles hutan Pinus Sewu Kumboro-Girirejo menjadi tempat wisata baru.
Mereka membangun jalan setapak dan gasebo-gasebo agar pengunjung bisa menikmati keindahan panorama pegunungan yang dikelilingi ribuan pohon pinus.
Kepala Desa Jeporo, Kiyato mengatakan, tempat wisata itu berada di hutan lindung milik Perhutani Lawu Selatan dengan luas sekitar 200 hektare.
“Sejak dua bulan lalu, warga bersama karang taruna membuka hutan Pinus Sewu untuk dijadikan tempat wisata,” katanya, Selasa (24/5).
Hutan tersebut menyajikan panorama alam yang masih asri dan alami. Lokasinya dikelilingi ribuan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dipenuhi aroma segar khas tanaman pinus. Tempatnya teduh dan sejuk sehingga nyaman untuk bersantai. “Sekarang, setiap Minggu atau hari libur ramai dikunjungi,” ujarnya.
Pinus Sewu berjarak sekitar lima kilometer di sebelah utara kantor Kecamatan Jatipurno. Pengunjung bersepeda motor bisa menjangkau hingga tepi hutan, selanjutnya berjalan kaki sekitar setengah kilometer.
Selain menyuguhkan eksotisme hutan pinus, di sebelah timur laut hutan itu terdapat puncak bukit Nongko Rembel. Dari puncak bukit tersebut, pengunjung bisa melihat bentang alam dari wilayah Purwantoro hingga Wonogiri.
Namun, sebagian pemandangan alam masih tertutup rimbunnya hutan pinus. Warga setempat berencana memoles puncak itu agar lebih memesona untuk dikunjungi.
Tidak jauh dari Pinus Sewu terdapat sebuah air terjun Kali Kotak dengan tinggi sekitar 20 meter. Tetapi, jalur menuju air terjun tersebut sangat sulit dilewati karena masih berupa rimba belantara.
Pihaknya berencana mengembangkan perkebunan apel dan strawberi untuk menarik minat wisatawan. Selain itu, dia akan mengembangkan budi daya durian di Dusun Poncol dan Mlokokerep.
“Iklim dan ketinggian Pinus Sewu cocok untuk budi daya apel dan strawberi. Sedangkan Dusun Poncol dan Mlokokerep yang ada di bawahnya cocok untuk durian,” katanya.
Camat Jatipurno, Herdian mengatakan, Pinus Sewu mempunyai kelebihan tersendiri yang membuatnya potensial menjadi tempat wisata. Yakni keindahan panorama alam yang sejuk dan rindang dikelilingi ribuan pepohonan pinus. (Khalid Yogi/CN34/SM Network)
Tanggal : 24 Mei 2016
Sumber  : berita.suaramerdeka.com