"Loading..."

PT Inhutani II Serahkan Bantuan PKBL Rp 195 Juta Kepada 4 Mitra Binaan

MALINAU, INHUTANI II (30/12/2020) | PT Inhutani II menyerahkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp 195 juta kepada 4 mitra binaan sebagai bentuk komitmen dari perusahaan untuk membantu masyarakat sekitar hutan bertempat di Malinau pada Selasa (22/12).

Acara dihadiri oleh sejumlah pejabat PT Inhutani II yakni General Manager Kalimantan Utara Kalimantan Timur (GM Kaltara Kaltim) Hasanudin, Asisten GM Bidang Adm dan keuangan Y. Rahmanto, Manager Muda UMHA Sei Tubu/Semamu Jasa Marpaung, Manager UMHA Malinau Totok Haryanto dan para penerima dana pinjaman dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Empat penerima dana PKBL 2020 dari PT Inhutani II tersebut adalah Kopkartani Kaltara sebesar Rp 150 juta, Rumiris Panjaitan sebesar Rp 15 juta, Marsidah sebesar Rp 15 juta, dan Jaleha sebesar Rp 15 juta.

PKBL merupakan salah satu jenis program tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar lingkungan perusahaan untuk membantu memberikan pinjaman usaha bagi masyarakat sekitar. Program ini juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor PER-02/MBU/04/2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-09/MBU/07/2015 Tentang Program Kemitraan Dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Millik Negara. Selain PKBL, PT Inhutani juga memiliki program tanggung jawab sosial lain yaitu Pembinaan Masyarakat Desa Hutan (PMDH).

GM Kaltara Kaltim PT Inhutani II, Hasanudin mengungkapkan bahwa program bantuan dana seperti ini sangat baik untuk membantu usaha-usaha yang sedang berkembang.

“PKBL dan PMDH adalah dua program bernilai positif yang dipersiapkan perusahaan untuk masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaannya, PKBL berbeda dengan PMDH. PKBL adalah dana pinjaman yang diperuntukkan untuk modal usaha dengan sasaran membangun kemandirian usaha masyarakat sekitar hutan, sedangkan PMDH adalah dana bantuan dari perusahaan untuk membantu masyarakat dalam bentuk dana kompensasi adat ataupun bantuan lain. Semoga dana bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar.” ujarnya.

Perwakilan dari mitra binaan Inhutani II penerima dana PKBL, Rumiris Panjaitan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Inhutani II atas perhatian kepada mitra berupa bantuan dana.

“Terima kasih Inhutani II atas bantuan dana yang diberikan. Dana bantuan ini rencananya akan kami digunakan untuk pembelian pupuk sawit dan pengadaan herbisida.” Ujar Rumiris (Kom-IHT2/FEH)

Editor : Ywn
Copyright©2020
Share: